PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

UK Petra Gelar IRGL 2021 secara Daring Latih Kemampuan Matematika dan Logika

prodi IT UKP

Surabaya,pustakalewi.com – Program Studi Informatika dan Sistem Informasi Bisnis UK Petra mengadakan Informatics Rally Games and Logic (IRGL) 2021, yang mengajak siswa siswi SMA seluruh Indonesia melatih kemampuan matematika dan logika secara fun. Kegiatan tahunan yang dikemas dengan fun ini digelar mulai 20-22 Agustus 2021 secara daring.

“Sebanyak 98 kelompok yang terdiri dari 286 peserta SMA di Indonesia ini terdiri dari berbagai daerah. Mulai dari Surabaya, Jakarta, Bandung, Jember, Makassar, Yogyakarta, Magelang, Trenggalek, Kediri, Semarang, Brebes hingga Aceh.”, ungkap Sumano Wijaya Ksatria sebagai ketua panitia IRGL 2021 saat dihubungi melalui Handphone (20/08).

Lebih detail Sumano bercerita bahwa setiap games yang digelar, para peserta yang tiap kelompoknya berisi dua sampai tiga orang tersebut harus mengumpulkan poin sebanyak banyaknya saat babak penyisihan, semifinal maupun final.

Mengambil tema The Quest Of Eldorado, kompetisi ini menceritakan petualangan mencari harta dari kota hilang eldorado dimana di dalam kota eldorado ini terdapat sangat banyak emas dan berlian dan untuk bisa mendapatkan harta dari kota eldorado ini dibutuhkan usaha dan perjuangan yang luar biasa.

“Sama seperti perjalanan para peserta untuk mencari harta dari eldorado, Dalam hidup ini dalam perjalanan meraih kesuksesan mungkin terkadang kita merasa lelah dan ingin menyerah namun untuk beberapa orang, menyerah bukan lah pilihan dan bagi mereka yang memilih untuk berjuang dengan keras dan maksimal kesuksesan akan datang kepada mereka”, pesan Sumano saat ditanya mengenai arti tema dalam IRGL 2021. (21/8).

Para peserta dapat mengakses lomba melalui www.irgl.petra.id mulai jam 09.00-18.00 WIB. (20/08), babak penyisihan dimulai dengan soal-soal mengasah logika dari peserta dengan pertanyaan bersifat umum.

Sedangkan permainan pada babak semi final (21/08) berupa battle royale dimana setiap tim akan berlawanan. Kemudian babak final (22/08) permainan akan berupa Role Playing Game (RPG) dimana para peserta memainkan sebuah karakter kemudian karakter ini akan menjalankan misi yang diberikan.

Setelah menjalankan misinya mereka mendapatkan block yang dapat digunakan untuk menyelesaikan misi besar dalam game tersebut dan tim yang dapat menyelesaikan misi besar paling cepat akan keluar sebagai pemenang. Kompetisi yang setiap babaknya berisi permainan mengasah kemampuan logika tersebut memperebutkan hadiah dengan total sejumlah Rp 67 juta.

“Babak penyisihan akan menyisakan 25 tim yang akan lanjut di babak semifinal. Babak semifinal akan menyisakan 10 tim yang akan lanjut ke babak final dimana akan ada 3 pemenang utama dan ada 3 juara harapan.”, tambah Sumano. Info/red