PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Tantang Tesla Mobil Listrik asal Tiongkok Xpeng Tingkatkan Produksi

Surabaya – Produsen mobil listrik Tiongkok, Xpeng menggandakan kapasitas produksi di salah satu pabrik utamanya di tengah memanasnya persaingan electric vehicle (EV) dengan pemimpin pasar Tesla asal Amerika Serikat (AS).

Xpeng dikutip Sabtu (21/8/2021) mengatakan akan meningkatkan kapasitas produksi dari 100.000 mobil per tahun menjadi 200.000 di pabrik Zhaoqing. Adapun pabrik ini dibuka tahun lalu terletak di Provinsi Guangdong, Tiongkok selatan.

Xpeng berupaya meningkatkan kapasitas produksi dengan membangun pabriknya sendiri. Awal tahun ini, Xpeng mengumumkan kerja sama dengan kota Wuhan untuk membangun basis manufaktur baru

Persaingan memanas di industri kendaraan listrik Tiongkok karena Xpeng menghadapi tantangan dari perusahaan rintisan domestik lainnya termasuk Nio dan Li Auto serta Tesla.

Xpeng akan memperluas produksi untuk berbagai tipe seperti SUV G3, sedan P7, dan P5 yang baru saja diluncurkan.

Untuk mendorong ekspansi, Xpeng yang sudah terdaftar di bursa AS, melakukan apa yang disebut dual listing (listing ganda) di bursa Hong Kong bulan lalu.

Pada bulan Juli 2021, Xpeng mengirimkan 8.040 kendaraan atau naik 228% dari periode yang tahun 2020. Pengiriman ini tercatat sebagai rekor bulanan. info/red