PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Cak Eri Trenyuh Saat Kunjungi Anak Yatim Piatu Korban Covid-19

Surabaya – Wali Kota Eri Cahyadi berkeliling mengunjungi beberapa anak Surabaya yang kini jadi yatim, piatu yatim, dan piatu akibat pandemi Covid-19, (21/8).

Dalam kunjungan ini, Cak Eri memberikan harapan dan motivasi kepada anak-anak Surabaya mengingat kehilangan orang tua di masa pandemi, tidak mudah.

Cak Eri juga menyempatkan waktunya untuk bermain dengan salah satu anak yatim piatu berumur tiga tahun.Bahkan saat bermain, anak tersebut mahir berbahasa Inggris, meskipun usianya tergolong masih muda.

Melihat ini, Cak Eri mengatakan, rencananya Pemkot Surabaya akan membangun sebuah tempat sekolah, asrama untuk seluruh anak Surabaya yang yatim, piatu maupun yatim piatu.Sehingga bisa memastikan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sampai anak-anak tersebut berhasil.

“Tidak hanya pendidikan saja tapi bagaimana mereka semua akan punya keterampilan, punya kemampuan untuk bisa bersaing dalam masa era globalisasi. Sehingga itu yg akan kita utamakan,” kata Cak Eri.

Pemkot Surabaya saat ini masih melakukan pendataan terhadap keluarga yang meninggal, karena Covid19. Ada sekitar 1.400 keluarga dan baru terverifikasi oleh DP5A sekitar 600 keluarga.

Dari data tersebut, Pemkot Surabaya akan melakukan pemetaan kembali berapa jumlah anak yatim, piatu dan yatim piatu. Termasuk jenjang sekolahnya.

“Ini masalah bersama. Daripada saya membangun sesuatu yang tidak dirasakan, saya akan memilih bagaimana warga bisa sejahtera, punya pendapatan yang mencukupi. Anak-anak akan punya pendidikan dan punya pekerjaan yg mapan. Itu yang saya perjuangkan,” kata Cak Eri.

Bagi warga Surabaya yang merasa belum terdata, bisa melapor pada Kelurahan / Kecamatan setempat. Sedangkan bagi warga Surabaya yang ingin bantu atau jadi orang tua asuh, mereka dapat langsung ke kantor DP5A, hubungi @Commandsurabaya, atau menghubungi hotline 08113345303. info/red