PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Warga Cilegon Beli Motor Pakai Uang Koin

beli motor pakai koin

Sunarto (61) mengaku dirinya membeli motor menggunakan uang koin untuk anak kesayangannya. Dia akhirnya sepakat membeli motor Honda Beat secara cash dengan uang koin pecahan Rp100-1000 dengan harga Rp17 juta lebih.

Warga Lingkungan Kubang Sepat, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon itu membeli motor di dealer Astra Motor Cilegon.

Pria yang berprofesi sebagai tukang ojek itu mengaku sebelumnya dia sempat ragu membeli motor karena uang yang dimilikinya berupa pecahan koin.

“Saya tanya dealer, tapi kata orang dealernya boleh,” kata Sunarto saat diwawancara, Sabtu (21/8/2021).

Sunarto menuturkan dia bersama istrinya mengumpulkan uang Rp18 juta selama kurang lebih 5 tahun hasil dari ia bekerja sebagai tukang ojek.

“Uang koinnya hanya sebanyak Rp4,5 juta, yang ini kata orang dealernya buat DP dulu, soalnya saya kan pesan Honda Beat warna silver, tapi disini lagi gak ada, lagi dipesan dulu. Sisa pembayarannya menyusul setelah barang sudah ada,” paparnya.

Sunarto mengungkapkan bahwa dia bersama istrinya membeli sepeda motor itu untuk keperluan anak bungsunya dari 5 bersaudara yang masih bersekolah di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Serang.

“Buat anak yang bungsu karena yang lain sudah kebagian, ini yang terakhir,” ucapnya.

Sementara itu, Sales Counter Astra Motor Cilegon, Cucu Rahayu mengatakan pembelian unit sepeda motor bisa dilakukan menggunakan uang jenis apapun.

“Waktu bapaknya tanya itu saya bilang boleh pake uang koin juga. Terus katanya mau bilang dulu sama istri, beli motor buat anaknya,” katanya.

Cucu menuturkan, kejadian masyarakat membeli sepeda motor dengan uang koin di tempatnya ia bekerja merupakan pertama kalinya sejak dealer motor itu berdiri.

“Ini baru pertama kalinya, sempet kaget juga,” ungkapnya. info/red