PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Personel Akademi TNI Angkatan Laut Ikuti Detik-Detik Proklamasi ke-76 Secara Virtual

upacara virtual

Surabaya,pustakalewi.com – Berkait pandemi covid-19 belum juga berakhir di tahun kedua ini, para Pejabat Utama, prajurit dan Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) mengikuti jalannya upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021 secara virtual dari Istana Merdeka dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Selasa (17/8).

Pada peringatan Hari Kemerdekaan yang digelar di gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL, Surabaya ini, dihadiri Seklem AAL Laksma TNI Syamsul Rizal, S.E., M.M dan para Pejabat Utama AAL dipimpin Wakil Gubernur AAL, Laksamana TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han), mewakili Gubernur AAL, Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han)., yang mengikuti Upacara peringatan HUT RI di gedung Grahadi, Surabaya.

Pada peringatan tersebut, tepat pukul 10.00 WIB, AAL membunyikan sirine selama 60 detik bersamaan dengan bunyi sirine dan dentuman meriam dari Istana Merdeka menandai peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, selanjutnya pada pukul 10.17 WIB seluruh warga AAL menghentikan segala aktivitasnya selama tiga menit.

Wakil Gubernur AAL mewakili Gubernur AAL, mengatakan bahwa peringatan ini pada hakikatnya merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT. serta penghormatan kita terhadap para pejuang, pahlawan dan pendahulu kita yang telah berjuang mengorbankan segalanya untuk kemerdekaan, sekaligus menjadi momentum bercermin tentang apa yang telah kita lakukan.

“Bangsa yang besar, adalah bangsa yang tahu menghormati para pahlawannya, perjuangan dan pengorbanan mereka tak pernah pudar dari ingatan bangsa ini maka dari itu sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa, kita harus mampu menunjukan pribadi yang memiliki komitmen dan prinsip untuk mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan profesi masing-masing, guna mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia,” terangnya.

Usia 76 kemerdekaan lanjutnya, bukanlah waktu yang sebentar, oleh karena itu memaknai usia yang berjalan telah begitu lama, rasanya kita perlu merenungkan diri, meminjam kata bijak Presiden Amerika Serikat ke-35, John Fitzgerald Kennedy, sahabat presiden RI pertama, Ir. Soekarno, Sang Proklamator yaitu “Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu”.

Pada peringati HUT Kemerdekaan RI ini tambahnya, kita semua diingatkan kembali akan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta, terutama kepada para Taruna untuk lebih meningkatkan semangat untuk belajar lebih rajin lagi, agar bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita ini bangga dan berjaya.

“Semangat nasionalisme itu sangatlah penting, apalagi di kalangan Taruna seperti kalian semua, karena jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama,” pungkasnya. Info/red

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.