PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Mobil Respon Cepat Vaksin Keliling Kota Surabaya Diluncurkan

mobil respon cepat

Surabaya – Sebanyak 22 unit Mobil Respon Cepat Vaksin Keliling Kota Surabaya siap digunakan. Mobil bantuan dari berbagai stakeholder tersebut juga dilengkapi Tenaga Kesehatan, pengemudi, operator serta didamping TNI/Polri.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan mobil tersebut menyasar masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran dan tidak dapat mendatangi gerai-gerai vaksin yang ada. Sasarannya seperti nelayan, pedagang di pasar-pasar, ataupun nanti juga bisa berdasarkan permintaan.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengatakan Mobil Respon Cepat Vaksin Keliling Kota Surabaya merupakan hasil kolaborasi antara Polrestabes Surabaya dan Pemkot Surabaya dan juga bantuan dari berbagai stakeholder dan pengusaha.

Dengan adanya Mobil Respon Cepat Vaksin Keliling Kota Surabaya ini, diharapkan akan mempercepat proses vaksinasi dan Kota Surabaya bisa mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, sebagai salah satu ikhtiar dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyampaikan 22 unit mobil ini mulai beroperasi pada 16/8/2021 di 22 titik, dan setiap mobil dapat melakukan vaksinasi hingga 500 dosis dalam sehari. Pemkot Surabaya juga telah menyiapkan 10 unit mobil tambahan, total akan ada 32 unit.

Cak Eri juga menjelaskan jika mobil itu digunakan untuk melakukan vaksinasi dosis kedua. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk pelaksanaan vaksinasi dosis pertama apabila stok vaksin masih tersedia dan vaksinasi dosis kedua sudah terpenuhi.

Ia menambahkan bahwa unit mobil ini akan digunakan selama dua bulan kedepan. Namun, apabila masih dibutuhkan maka mobil ini akan beroperasi kembali.

Peserta vaksin adalah peserta yang mendapatkan jalur undangan. Untuk bisa memanfaatkan layanan ini, warga bisa melakukan pendaftaran melalui Bhabinkamtibmas, RT/RW, Puskesmas, dan Telp 110.

Sedangkan untuk lokasi Mobil Respon Cepat Vaksin Keliling Kota Surabaya, warga bisa menghubungi 110.

Nantinya, Mobil Respon Cepat Vaksin Keliling Kota Surabaya ini akan bergerak hingga 100% warga Surabaya sudah tervaksin. Setelah itu, layanan ini akan bergerak ke Surabaya Raya dan sekitarnya.

Layanan mobil vaksin keliling ini merupakan kerjasama Pemkot Surabaya, TNI dan Polri dalam mempercepat dan mendekatkan layanan vaksin kepada warga. info/red