PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Polri Keluarkan Izin Kompetisi Liga 1 Digelar Tanpa Penonton

mabes polri

Surabaya – Polri akhirnya memberikan izin kompetisi sepakbola Liga 1 2021-2022 kembali bergulir, mulai 27 Agustus 2021. Namun, tiap laga yang digelar harus tanpa penonton, mengingat masih pandemi Covid-19.

“Iya benar (telah diizinkan),” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Senin (16/8/2021).

Dikatakan Rusdi, Polri tidak mengeluarkan surat izin tertulis kembali, karena sebelumnya telah mengeluarkan Surat Izin Keramaian Nomor 1609, terkait kompetisi Liga 1 dan Liga 2, tanggal 25 Mei 2021 lalu. Surat itu ditandatangani langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Jadi izin itu telah keluar sejak tanggal 25 Mei. Akan tetapi pada saat itu Liga 1 dan Liga 2 tertunda bergulir karena situasi Covid-19 yang meningkat di tanah air,” ungkapnya.

Rusdi menyampaikan, izin keramaian itu dikeluarkan berdasarkan pertimbangan dan hasil koordinasi dengan berbagai pihak dan stakeholder yang menangani pendemi Covid-19.

“Polri mendukung perkembangan olahraga di Tanah Air, termasuk sepakbola. Namun dalam kondisi pandemi seperti ini tentu penyelenggaraannya penuh dengan kehati-hatian dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Rusdi mengatakan, Polri memberi beberapa catatan yang harus dijadikan pedoman oleh panitia penyelenggara dalam menjalankan pagelaran kompetisi sepakbola nasional. Salah satunya, seluruh pertandingan tidak boleh dihadiri penonton secara langsung.

“Seluruh pertandingan tanpa penonton,” ucapnya.

Menurut Rusdi, hanya ada 299 orang dalam satu pertandingan meliputi pemain, ofisial, panitia, pihak keamanan, dan media. Sebelum pertandingan, dalam kurun 7 x 24 jam panitia harus melaporkan kepada kepolisian setempat dalam rangka pengamanan sehingga pertandingan bisa dipersiapkan dan berjalan dengan baik.

“Disepakati juga tidak ada nonton bareng, tidak ada arak-arakan suporter, semua melaksanakan pertandingan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat,” tandasnya. info/red