PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Dewan Kritisi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang

vaksin

Serang – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang, Suja’i A Sayuti menilai vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Kabupaten Serang masih belum maksimal. Menurutnya hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya informasi hoaks yang beredar di kalangan masyarakat melalui media sosial.

Politisi dari partai Gerindra tersebut mengatakan pentingnya sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19 yang masif dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas.

“Kalau saya melihat untuk di Kabupaten Serang ini kayaknya belum maksimal karena banyaknya berita hoaks dan kurangnya sosialisasi. Saya berharap sosialisasi lebih masif,” ujarmya, Senin (16/8/2021).

Suja’i menuturkan banyaknya informasi hoaks terkait vaksinasi Covid-19  menimbulkan keprihatinan dan dapat menyebabkan dampak buruk pada penanganan Covid-19.

“Ini sangat miris banyak masyarakat yang belum percaya bahwa corona itu ada dan banyak masyarakat yang belum percaya bahwa vaksin bisa menanggulangi, ditambah lagi ketika ada yang divaksin tetap kena corona jadi apa fungsinya divaksin. Ini edukasinya yang kurang,” lanjut Suja’i.

Ia berharap sosialisasi mengenai vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang dapat lebih digencarkan kembali sehingga masyarakat timbul kesadaran untuk divaksinasi dan herd immunity dapat terbentuk dengan cepat.

“Menurut saya harus memberikan sosialisasi yang lebih masif, edukasi yang lebih baik lagi terhadap masyarakat di Kabupaten Serang,” katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang hingga Sabtu (14/8/2021), jumlah kumulatif cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama adalah 7,15 persen dan cakupan vaksinasi dosis kedua adalah 3,38 persen. Sementara cakupan untuk vaksinasi dosis ketiga yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) masih sekitar 0,01 persen. info/red