PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Rektor Universitas Narotama Bagikan Strategi Penulisan Penelitian

webinar rektor narotama

Surabaya,pustakalewi.com – Karena pengalamannya di bidang penulisan penelitian yang lolos hibah penelitian, Rektor Universitas Narotama (UN) Surabaya Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Kaprodi Manajemen (FEB) Dr. Agus Sukoco, ST, MM menjadi pemateri dalam “Workshop Penulisan Proposal Penelitian” yang diselenggarakan oleh Universitas Sunan Bonang Tuban.

Dalam workshop tersebut, pria yang akrab disapa Iwan tersebut membahas tentang strategi lolos hibah penelitian Kemdikbud berdasarkan pengalaman sebagai dosen-peneliti. “Hal penting untuk diperhatikan yakni keterkaitan jenjang pendidikan dan mitra dengan skema penelitian. Terutama kepangkatan lebih berpeluang memenangkan hibah karena salah satu syarat usulan penelitian atau pengabdian. Semakin tinggi jabatan (fungsional) akademik lebih memudahkan memenuhi syarat usulan penelitian atau pengabdian,” tuturnya.

Strategi yang bisa dilakukan oleh dosen sejak dini, ujar Iwan, antara lain adalah memiliki rekam jejak sejak dini dengan memiliki artikel jurnal internasional (Scopus), memiliki prosiding internasional (Scopus), memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI), memiliki buku cetak ber ISN dan IKAPI, memiliki mitra, dan memiliki H Index Scopus.

“Hal lain yang juga sangat penting adalah memiliki mitra dan peran tergabung dalam organisasi. Mitra dalam usulan penelitian atau pengabdian diperlukan mitra riset, sedangkan peran dan keanggotaan dalam organisasi bisa menambah kawan atau rekan riset di dalam melakukan penelitian atau pengabdian,” terang pria yang juga menjabat kepala LPPM Universitas Narotama ini.

Sementara itu, Agus Sukoco menjelaskan tentang peningkatan pengabdian masyarakat, yaitu pengabdian kepada masyarakat kompetitif. “Kategori kompetitif nasional meliputi program kemitraan masyarakat, kemitraan masyarakat stimulus, kuliah kerja nyata pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat, pengembangan kewirausahaan, pengembangan produk unggulan daerah, pengembangan usaha produk intelektual kampus, pengembangan desa mitra, dan program kemitraan wilayah,” terangnya.

Kegiatan workshop tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama antara Universitas Narotama dan Universitas Sunan Bonang yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding / MoU) oleh Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM dan Rektor Universitas Sunan Bonang, H. Didik Wahyu Sugiyanto, SH, M.Hum, MM akhir Mei 2021 di kampus Universitas Sunan Bonang, Tuban.info/red