PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Masuk Mall Harus Pakai Aplikasi PeduliLindungi, Ini Caranya

pedulilindungi

Surabaya – Operasional mall/pusat perbelanjaan dibuka selama perpanjangan PPKM level 4 periode kali ini. Meskipun masih bersifat uji coba, ada beberapa syarat yang diberlakukan.

Salah satunya adalah penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

“ Hanya mereka yang sudah divaksinasi yang bisa masuk ke mall dan harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers virtual, Senin malam 9 Agustus 2021.

Dikutip dari laman PeduliLindungi, PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk melacak dan menekan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian. Dengan begitu, penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah. Zona merah ini berarti area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada pasien dalam pengawasan (PDP).

Begini Cara Aplikasi PeduliLindungi Bekerja

Saat kamu mengunduh aplikasi PeduliLindungi, sistem akan meminta persetujuan untuk mengaktifkan data lokasi. Dengan kondisi aktif, secara berkala, aplikasi akan mengindentifikasi lokasi serta memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran Covid-19.

Hasil tracing itu akan mempermudah pemerintah untuk mengindentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar menghentikan penyebaran Covid-19. Semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam penggunaan aplikasi ini, pemerintah akan terbantu dalam tracing dan tracking.

Fitur Baru WhatsApp, Foto Langsung Terhapus Setelah Pesan Dilihat Penerima
Bagaimana dengan kerahasiaan pribadi? Data pengguna akan disimpan dalam format enkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data hanya bisa diakses kalau berisiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Begini Cara Unduh Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi ini tersedia bagi pengguna Android dan iOS. Kamu bisa mengunduhnya di Playstore (bagi pengguna Android) dan Apps Store bagi iOS. Berikut ini adalah cara-caranya.

  1. Buka aplikasi Playstore atau Apps Store.

MagDart, Charger Nirkabel Magnetik Pertama untuk Android

  1. Kemudian, ketik “ PeduliLindungi”, lalu unduh.
  2. Setelah diunduh, daftarlah dengan mengisi NIK dan nomor HP di kolom yang tersedia.
  3. Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor yang didaftarkan. Akunmu telah dibuat.

Cara Downlod Sertifikat Vaksin

Kalau sudah divaksinasi Covid-19, kamu bisa mengunduhnya melalui aplikasi ini.

  1. Masuk ke aplikasi PeduliLindungi dengan memasukkan nomor telepon atau alamat e-mail.
  2. Kode OTP akan dikirimkan ke data yang telah terdaftar, masukkan kode itu, lalu verifikasi.
  3. Selanjutnya, aktifkan lokasi di smartphone.
  4. Setelah masuk, klik “ Akun” dan pilih sertifikat vaksin.
  5. Aplikasi akan memunculkan namamu. Klik namamu.
  6. Sertifikat vaksin Covid-19 akan keluar.
  7. Klik Unduh. Sertifikat vaksin Covid-19 akan disimpan di memori smartphone kamu