PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Serbuan Vaksinasi, Koarmada 2 Kerahkan Kapal Perang Sasar Pulau Terpencil di Jatim

serbuan vaksin koarmada 2

Surabaya,pustakalewi.com – Koarmada II TNI AL mengerahkan dua KRI yakni KRI dr. Soeharso-990 dan KRI Semarang-594 sebagai kapal bantu rumah sakit untuk melaksanakan serbuan vaksinasi dan pengisian oksigen di sejumlah pulau terpencil di Jawa Timur. Dua Kapal Perang tersebut akan dikirim ke Pulau Sapeken, Pulau Bawean, dan wilayah pesisir Kabupaten Lamongan.

“Dengan pemberian vaksin terhadap masyarakat maritim di pulau terpencil, diharapkan dapat memberikan benteng bagi kesehatan mereka sehingga roda perekonomian tidak terganggu. Selain itu juga untuk membina kekuatan maritim dalam mendukung program pembangunan nasional,”kata Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto saat memantau kegiatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Stadion Gajayana Kota Malang, Jawa Timur, dalam siaran persnya, Sabtu (7/8/2021).

Menurut Iwan, serbuan vaksinasi tersebut untuk membantu Pemprov Jawa Timur mencapai target herd immunity sebesar 70% pada Agustus 2021. Dengan itu diharapkan bisa menjadi upaya perlindungan diri agar tidak mudah terpapar Covid-

Selain vaksinasi di Pulau terkecil, dia menjelaskan, untuk mengejar target terbentuknya herd immunity sebesar 70%, dalam pekan ini Koarmada II telah mengadakan serbuan vaksinasi di beberapa kota bekerja sama dengan pemerintah daerah di Jatim, di antaranya Pemkot Malang dengan target vaksinasi 25.000 orang di Stadion Gajayana yang dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus dan 8 Agustus 2021 dan Pemkot Surabaya dengan target 25.000 orang di Lapangan Thor Stadion Gelora Pancasila.

Sedangkan vaksinasi untuk para pekerja industri di Rungkut dengan target 220 orang, pekerja pelabuhan dan sektor maritim di Pelindo 3 dengan target 1.000 orang yang digelar di gedung Gapura Surya Nusantara.

Selain itu, Koarmada II juga menyiapkan 1.500 dosis vaksin bagi pekerja media, masyarakat umum bersama TNI AL Marinir Pasmar 2 Surabaya.

Sebanyak 1.000 dosis vaksin juga disiapkan Koarmada II bagi masyarakat di wilayah pesisir Kenjeran. Sisanya sebanyak 10.000 vaksin atau lebih telah disiapkan Diskes Koarmada II bagi masyarakat yang tidak bisa mendaftar melalui online.

Iwan menambahkan, sebagai wujud totalitas dan optimalisasi membantu percepatan penanganan Covid-19, TNI AL melalui Koarmada II tidak hanya fokus pada serbuan vaksinasi, Koarmada ll juga membantu mengatasi krisis oksigen yang dialami masyarakat.

“Kami juga menindaklanjuti perintah Bapak Presiden agar tidak lama-lama menyimpan vaksin yang dikirim dari pusat. Segera setelah kami terima langsung dibagikan ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Ini dimulai dari yang terdekat. Jika sudah di Malang, akan dilaksanakan di kota lainnya,” kata Iwan Isnurwanto. info/red