PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

LPMK Simomulyo Tolak Adanya Pembangunan SPBU milik Shell

Surabaya – Pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Shell Indonesia di Jalan Raya Simo Magersari, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal rupanya tidak berjalan mulus.

Pasalnya, menurut Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Simomulyo, M. Isroni Hariyanto, SH, Senin (2/8/2021) warga di Kelurahan Simomulyo tidak pernah diajak koordinasi soal pembangunan SPBU Shell di lingkungannya tersebut.

“LPMK Kelurahan Simomulyo tanggal 21 Februari sudah membuat surat kepada Kepala Satpol (Kasatpol) PP Kota Surabaya perihal keberatan dibukanya SPBU Shell Indonesia di Simomulyo,” ujarnya sambil memberikan copy surat keberatan LPMK Kelurahan Simomulyo itu.

surat LPPM Simo

Surat ini berisi berdasarkan hasil musyawarah Ketua LPMK dan Ketua RW 01 – RW 07 seluruh Kelurahan Simomulyo tanggal 21 Februari 2021 memutuskan Ketua LPMK dan seluruh Ketua RW sepakat menolak berdirinya SPBU yang didirikan PT Shell Indonesia di Jalan Raya Simo Magersari, karena mulai awal sampai terbitnya izin tidak pernah diajak koordinasi.

Selanjutnya keberadaan SPBU tersebut berdampak negatif terhadap seluruh warga Kelurahan Simomulyo, baik polusi, amdal, dan kemacetan di wilayah Kelurahan Simomulyo. LPMK Kelurahan Simomulyo juga menuntut perizinan yang sudah diajukan oleh PT Shell Indonesia segera dicabut kembali karena tidak ada koordinasi di tingkat bawah.

Upaya konfirmasi di lokasi pembangunan SPBU Shell di Jalan Raya Magersari, Senin (02/08/2021) masih belum membuahkan hasil. Sebab, petugas keamanan bernama Wahyu yang bertugas menjaga lokasi proyek pembangunan SPBU Shell tersebut mengabarkan bila pimpinannya sedang tidak berada di tempat.

“Pimpinan saya yang bertanggung jawab soal proyek pembangunan SPBU Shell ini bernama Wahyu Irawan. Beliau sekarang ada di Jakarta,” terangnya.

Sedangkan Kasatpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto, Selasa (3/8/2021) menyebut persoalan proyek SPBU Shell di Kelurahan Simomulyo telah diselesaikan Camat Sukomanunggal, Lakoli, S.Sos, M.Si.

“Sekitar dua minggu lalu, ada pertemuan antara pihak SPBU Shell dengan LPMK Kelurahan Simomulyo, RW, dan RT,” ungkap Eddy, panggilan karibnya.

Sementara itu, Camat Suk manunggal, Lakoli membenarkan bila persoalan proyek pembangunan SPBU Shell yang berdekatan dengan pasar Simo tersebut sudah selesai. Namun dia mengakui tidak menghadiri mediasi antara pihak Shell dengan perwakilan warga dan Pedagang Kaki Lima (PKL) itu.

“Saya mendapat laporan dari Lurah Simomulyo kalau semua persoalan terkait proyek pembangunan SPBU Shell telah selesai,” pungkasnya menutup perbincangan.info/red