PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Uniqlo Indonesia Dukung Program Vaksinasi Pemerintah

unqlo vaksin

Surabaya – Guna mendukung terciptanya herd immunity di masyarakat, pemerintah gencar menjalankan program vaksinasi. PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo Indonesia) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) membuka Sentra Vaksinasi bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Pemerintah Provinsi/Kota di lima wilayah di Indonesia secara berkala yang dimulai dengan Surabaya pada 26 Juli 2021.

Sebanyak 250.000 dosis vaksin Sinovac akan didistribusikan ke lima daerah di Indonesia, antara lain Surabaya. Vaksinasi ini merupakan salah bentuk upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

“Sentra Vaksinasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan dukungan kami terhadap masyarakat Indonesia, dan juga komitmen kami dalam mendukung langkah pemerintah melalui percepatan program vaksinasi di tengah pandemi COVID-19. Kami berharap dengan adanya Sentra Vaksinasi ini dapat menjangkau masyarakat lebih luas untuk mendapatkan vaksin dengan lebih mudah,” ujar Co-Chief Operating Officer dari PT Fast Retailing Indonesia, Yugo Shima disela pelaksanaan vaksinasi di Gedung Kencana, Surabaya, Jumat (30/7/2021).

Surabaya menjadi kota pertama penyelenggaraan Sentra Vaksinasi Uniqlo dan HIPPINDO yang dibuka mulai 26 Juli 2021. Pelaksanaan vaksin dosis pertama di Surabaya akan berlangsung pada tanggal 26 Juli 2021 hingga 17 Agustus 2021, sedangkan pelaksanaan vaksin dosis kedua akan dimulai pada 18 Agustus 2021.

Setelah pembukaan di Surabaya, Sentra Vaksin juga akan dilanjutkan ke empat wilayah lainnya. Sentra vaksinasi ini mempersiapkan target kuota 2,000 orang per hari.

”Sentra vaksinasi Uniqlo ini ditujukan bagi seluruh masyarakat yang berusia diatas 17 tahun, khususnya yang terlibat dalam ekosistem ritel, termasuk UMKM dan UKM, para supplier, distributor hingga karyawan pabrik. Selain itu, masyarakat umum dan penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan vaksin gratis ini, dengan mendaftar melalui website HIPPINDO.com Halodoc dan Good Doctor,” kata Yugo Shima.

Sentra Vaksinasi ini merupakan bagian dari komitmen serta realisasi program keberlanjutan Uniqlo Indonesia sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap seluruh lapisan masyarakat, baik tenaga medis maupun non-medis serta masyarakat yang terkena dampak COVID-19.

Selain itu Uniqlo juga memberikan dukungan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 melalui rangkaian program donasi berkelanjutan yang sebelumnya telah dilakukan.

Misalnya saja pada Mei 2020 dengan menyerahkan 500.000 masker medis kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB). Kemudian Juni 2020 membagikan 1.100 paket Uniqlo Hari Raya bagi keluarga kurang mampu terdampak COVID-19, serta 10.000 Kaos Wanita Lengan Panjang AIRism UV PROTECTION melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Berikutnya pada Oktober 2020 membagikan 1,6 juta buah alat pelindung diri (APD) kepada pemerintah daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Surabaya dan Makassar. Dan selanjutnya pada Juni 2021 menyumbangkan 100.000 Masker AIRism kepada Palang Merah Indonesia untuk berbagai lapisan masyarakat.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah menyampaikan, pembukaan sentra vaksinasi di berbagai daerah ini sebagai bentuk nyata HIPPINDO dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi Indonesia. “Ketika herd immunity terbentuk, kepercayaan masyarakat terhadap dunia usaha akan kembali, dan ini akan memicu tumbuhnya daya beli, yang pada akhirnya ekonomi kita pun menguat,” ungkapnya.

Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman menambahkan, vaksinasi untuk UMKM, peritel dan ekosistemnya di Jawa Timur disiapkan 535.000 dosis. ”Sekarang sedang diupayakan tambahan 250.000 dosisi,” ujar Hanung.

Dikatakan Hanung, pandemi ini sudah cukup lama terjadi dan vaksinasi adalah salah satu solusi. ”Kami berharap dengan kebersamaan kita bisa mengatasi persoalan ini. Bagi pelaku UMKM jika tidak segera divaksin juga bisa menghambat roda perekonomiannya karena takut berjualan. Kalau sudah divaksin mereka bisa berjualan dengan nyaman. Namun yang perlu diingat, protokol kesehatan harus tetap dijalankan,” pungkasnya.info/red