PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Medali Kedua di Olimpiade Tokyo 2020 Dipersembahkan Eko Yuli Irawan

Lifter Yudi perak

Surabaya -;Satu medali lagi dari Olimpiade Tokyo dipersembahkan Eko Yuli Irawan, lifter putra Indonesia cabang olahraga angkat besi. Eko Yuli berhasil membukukan total angkatan 302 kilogram (Snatch 137 kilogram, Clean and Jerk 165 kilogram), bertanding di Tokyo International Forum, Jepang, Minggu (25/07/2021) sore waktu setempat.

Ia berada di bawah atlet Cina Li Fabin berhasil meraih medali emas dengan total angkatan 313 kilogram. Sedangkan medali perunggu disabet Igor Son dari Kazakhstan dengan total angkatan 294 kilogram.

Medali perak ini merupakan medali keempat yang berhasil dipersembahkan Eko Yuli di ajang Olimpiade. Sebelumnya, Eko Yuli mempersembahkan medali perak di Olimpiade Rio 2016, medali perunggu di Olimpiade London 2012, dan medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

Hingga saat ini, Kontingen Indonesia tercatat telah berhasil mengumpulkan dua medali di Olimpiade Tokyo 2020, yaitu satu medali perak dan satu medali perunggu. Kemarin, Sabtu (24/07/2021).

Indonesia berhasil memperoleh medali pertama yang juga dipersembahkan dari cabang olahraga angkat besi, setelah lifter muda Windy Cantika Aisah berhasil meraih medali perunggu di nomor 49 kilogram putri. Windy berhasil membukukan total angkatan 194 kilogram (Snatch 84 kilogram, Clean and Jerk 110 kilogram).

Presiden Jokowi pun mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Eko Yuli Irawan, lewat laman Instagramnya.

Demikian pula dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang mengucapkan selamat sukses atas kerja keras dan persembahan medali perak di saat pandemi Covid-19 kepada lifter putra asal Jatim, Eko Yuli Irawan. Khofifah juga mengucapkan terimakasih kepada pelatih di Puslitda Jatim.

“Semoga disusul tim lain yang bisa mendulang Olimpiade di Tokyo ini,” tutur Gubernur Jatim.info/red