PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ribuan Isu Hoaks Covid-19 Sliweran, Wapres Ajak Insan Pers Beritakan Informasi Aktual dan Faktual

Wapres Amin

Jakarta –  Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menghadiri acara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bermunajat, Mengetuk Pintu Langit, berdoa bersama untuk keselamatan bangsa dari pandemi Covid-19 secara virtual.

“Saya tegaskan bahwa pekerjaan pers harus terus berjalan agar akses masyarakat terhadap informasi yang aktual, faktual, dan kredibel dapat diterima dengan baik sekaligus mengkroscek setiap hoaks dan disinformasi,” ujarnya dikutip melalui media sosial resminya, Sabtu (24/7/2021).

Berdasarkan laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika, hingga 16 Juli 2021, ditemukan sebanyak 2.027 isu hoaks mengenai Covid-19, vaksin, dan PPKM darurat dengan total keseluruhan persebaran berjumlah 5.835 konten hoaks dan disinformasi.

Banyaknya berita hoaks yang beredar tidak hanya akan memancing kesalahpahaman dan menciptakan keresahan, namun juga dapat memicu perpecahan serta melemahkan eksistensi pers Indonesia sebagai pers pemersatu.

“Semoga melalui munajat ini kita ketuk pintu langit untuk memohon inayah, himayah, pertolongan dan perlindungan Allah SWT. Inayah robbaniyah, pertolongan Tuhan agar kita diberi kemampuan untuk menemukan cara yang tepat mengatasi pandemi Covid-19 serta berbagai masalah yang kita hadapi. Dan himayah robbaniyah, perlindungan Allah SWT dari berbagai kesalahan dalam bertindak dan mengambil keputusan,” katanya.

“Saya optimistis, pandemi Covid-19 dapat diatasi dengan upaya bersama, baik upaya lahiriah berupa disiplin menerapkan protokol kesehatan, mematuhi kebijakan PPKM, dan melakukan vaksinasi maupun upaya batiniah melalui munajat dan doa,” imbuhnya.info/red