PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ketua MPR Harapkan MUKI Berperan dalam Mewujudkan Visi Kebangsaan

bamsoet
Bambang Soesatyo Memberikan Sambutan dalam Munas MUKI II

Jakarta, Pustakalewi.com – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., mengharapkan Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) ikut berperan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Hal ini dinyatakannya ketika memberikan sambutan sekaligus membuka secara virtual Musyawarah Nasional II MUKI pada Kamis (22/07).

Keberadaan MUKI sebagai salah satu lembaga keumatan berbasis keagamaan dengan jaringan nasionalnya diapresiasi oleh politisi yang akrab dipanggil Bamsoet ini. Lembaga seperti ini dilihat mampu mendorong terwujudnya harmoni dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Secara khusus, Bambang Soesatyo menyinggung tema Munas II MUKI ini punya kaitan erat dengan visi kebangsaan Indonesia Emas 2045. Tema dari pelaksanaan Munas MUKI ini adalah “Menyongsong Generasi Emas”.

“Karakteristik generasi emas ini juga tercermin dari Sub Tema Munas ke-2 MUKI yang diselenggarakan pada hari ini, yaitu generasi yang mau berkomitmen dan berjuang bersama segenap komponen bangsa, untuk mewujudkan Indonesia unggul, dengan menjunjung tinggi sikap dan perilaku yang menegakkan kasih, kebenaran, keadilan dan kesetaraan,” tegasnya.

Politisi dari Partai Golkar ini melanjutkan, “Visi tersebut menempatkan manusia sebagai subjek sekaligus objek pembangunan, dan mensyaratkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana untuk meraih keberhasilan. Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan pada tahun 2045 jumlah penduduk Indonesia mencapai 319 juta jiwa. Sekitar 70 persennya atau sebanyak 223 juta jiwa adalah kelompok usia produktif dalam jenjang usia antara 25 hingga 65 tahun. Artinya, pada era Indonesia Emas nanti, bangsa Indonesia masih akan menikmati periode puncak bonus demografi.

Setelah memberikan sambutan, Bambang Soesatyo membuka secara simbolis pelaksanaan Munas yang berlangsung sampai Jumat (23/07). Salah satu agenda utama dari Munas adalah suksesi kepengurusan di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang akan memimpin MUKI periode 2021-2026.

MUKI sebagai ormas Kristen dengan kepengurusan yang ada di 31 provinsi melaksanakan Munas, forum pengambilan keputusan tertinggi di organisasi, secara virtual. Kondisi ini disebabkan situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

(sav)