PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Isi Kekosongan Perkuliahan di Masa PPKM, ADRI Jatim Adakan Webinar Kewirausahaan

narotama webinar

Surabaya,pustakalewi.com – DPD ADRI (Ahli dan Dosen Republik Indonesia) Jatim bersama Universitas Narotama mengadakan Webinar bertema “Eksistensi Berwirausaha di Masa Pandemi”. Kegiatan ini diadakan dalam rangka mengisi kekosongan waktu perkuliahan di masa PPKM darurat.

Pemateri dalam Webinar ini adalah H. Yanuar Ariyanto, S.Pd selaku owner Bebek Sinjay yang menyampaikan materi tentang “Tantangan dan Pentingnya Berwirausaha di Masa Pandemi”. Serta H. Indra Permana, SE yang merupakan owner Bakso Bakar SS yang mengisi materi tentang “Inovasi dan Manajemen Berwirausaha di Masa Pandemi”.

Ketua DPD ADRI Jatim sekaligus Rektor Universitas Narotama Surabaya, Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST.,MT.,IPM mengatakan sangat dibutuhkannya sinergi di antara mahasiswa, dosen, dan dunia industri di era Kampus Merdeka ini. “Kegiatan ini sekaligus mensinergikan dengan program Kampus Merdeka yang telah dicanangkan oleh Bapak Menteri Kemendikbud,” tuturnya.

Ia melanjutkan, dunia kampus dengan dunia industri saling membutuhkan satu sama lain. “Dosen dan mahasiswa di kampus bisa belajar dan memberikan masukan pada industri, sedangkan dunia industri bisa memberikan pengalaman dalam mengelola usaha pada sivitas akademika kampus,” ujar pria yang akrab disapa Iwan tersebut.

Kali ini, DPD ADRI Jatim mengundang pelaku dunia industri di bidang makanan/kuliner. “Kedua narasumber yang kami hadirkan menjelaskan tentang keunggulan dan kelemahan masing-masing dalam mengatasi tantangan pandemi COVID-19,” lanjutnya.

Banyak inovasi yang dilakukan pelaku bisnis untuk tetap bertahan di dalam menjalankan industri makanan/kuliner. “Tentunya kami berharap ada banyak pengalaman yang bisa diperoleh dari para narasumber. Selain itu, harapannya juga bisa dibentuk suatu kerjasama agar mahasiswa bisa magang di tempat bisnis mereka,” kata Iwan.

H. Indra Permana, SE yang merupakan owner Bakso Bakar SS, dalam materinya memberikan tips manajemen bisnis saat pandemi. Antara lain adalah mengutamakan kesehatan diri sendiri dan karyawan, selalu berinovasi, serta memangkas segala biaya-biaya yang masih dipangkas. “Selain itu juga kita bisa memberi target yang lebih besar pada tim marketing dan sales, kemudian juga melakukan kolaborasi dengan bisnis atau lembaga lain, serta menjaga dan membahagiakan pelanggan-pelanggan lama,” ungkapnya. [humas]