PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

MENANTI, PASTI

Menantii Datangnya tuhan


Pembacaan Alkitab Yesaya 51:1-6


Menunggu Tuhan bertindak dan menolong bukanlah hal yang mudah dan menyenangkan. Tidak jarang dalam penantian tersebut kita menjadi patah semangat, hilang pengharapan bahkan mengambil keputusan yang keliru. Abraham menunggu 25 tahun untuk Tuhan menggenapi janjiNya tentang Ishak. Dalam periode waktu itu Tuhan setidaknya hadir 3x untuk menguatkan hati Abraham. Bahkan Abraham pernah mengambil keputusan yang keliru dengan mengambil Hagar untuk melahirkan keturunan baginya.

Bangsa Israel dalam bacaan Alkitab hari ini juga sedang berada pada masa penantian. Mereka sedang menunggu Tuhan membebaskannya dari pembuangan dan perbudakan di Babel. Pernyataan Tuhan ini ditujukan kepada umatNya yang sungguh-sungguh mencari Tuhan (ayat 1). Tuhan tidak ingin umatNya yang mencari Tuhan menjadi tawar hati dalam masa penantian tersebut.

Tuhan menyatakan bahwa Tuhan sanggup untuk mengubah keadaan mereka. Kondisi yang kering seperti di padang gurun maupun kondisi yang menakutkan seperti padang belantara, Tuhan sanggup ubahkan menjadi taman eden dan taman Tuhan (ayat 3). Akan ada sukacita, kegirangan dan ucapan syukur ketika Tuhan menolong dan memulihkan. Tidak ada yang sulit bagi Tuhan.

Tuhan memastikan bahwa keselamatan dan kelepasan daripadaNya pasti akan datang (ayat 5 &6). Tuhan pasti akan menggenapi janjiNya. Untuk itu Tuhan meminta bangsa Israel untuk mengingat bagaimana Tuhan menggenapi janjiNya atas Abraham Bapa leluhur mereka (ayat 2).


Pembacaan Alkitab hari ini menyatakan bahwa tidaklah salah menaruh iman percaya kita kepada Tuhan. JanjiNya ya dan amin. Apa yang dikatakanNya pasti akan dilakukanNya. Jangan ragu dan tawar hati. Tetap bertahan dalam menunggu penggenapan janji Tuhan. Tuhan adalah kebenaran. HukumNya adalah terang untuk bangsa-bangsa.


Jika hari ini kita sedang menantikan pertolongan Tuhan, jangan ragu dan tawar hati. Jika kita sungguh-sungguh mencari dan menantikan pertolonganNya maka pertolongan Tuhan itu akan hadir dalam sekejap mata. Bagaimana pun kondisi yang kita alami Tuhan sanggup membalikkan keadaannya. Kita akan melihat Tuhan memulihkan hidup kita sehingga nama Tuhan dipermuliakan atas hidup kita.
Tuhan Yesus Memberkati..

Oleh : Pdt. I Ketut Miasa.M.Div.