PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ketua DPR Puan Maharani: Waspadai Lonjakan Varian Delta Luar Pulau Jawa

pidato puan maharani

Jakarta – Ketua DPR-RI Puan Maharani kembali mengingatkan Pemerintah agar tidak lengah dengan situasi di daerah di luar Pulau Jawa. Pasalnya, Covid-19 varian Delta kini telah merambah ke luar Jawa. Sementara, fasilitas dan akses kesehatan di luar Pulau Jawa punya tantangan tersendiri.

“Jangan sampai kecolongan lonjakan kasus di luar Pulau Jawa,” kata Puan, Senin (19/7/2021).

Dia juga mendukung semua program pemerintah menghadapi pandemi Covid-19, termasuk melakukan refocusing anggaran. Namun harus bisa dipastikan bahwa hasilnya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh publik dalam bentuk yang paling konkret dan mengena.

Jika itu tercapai, Puan yakin kepercayaan publik akan terbangun dengan sendirinya.

“Ketika rakyat percaya, apa pun program pemerintah akan otomatis didukung juga,” kata Puan.

Puan pun meminta pemerintah lebih terbuka lagi mengungkap strategi akhir (exit strategy) pandemi Covid-19 di Indonesia beserta peta jalan yang akan ditempuh.

“Semua dengan tujuan rakyat pun paham ke mana arah jalan kita semua yang sekarang harus membatasi mobilitas demi memutus rantai penyebaran Covid-19 yang masih terus memakan korban ini,” tegas Puan.

Pada Minggu (18/7/2021), tercatat masih ada 44.721 kasus baru Covid-19 di Indonesia dalam sehari terakhir. Pasien Covid-19 yang meninggal dalam sehari tercatat 1.093 orang pada data tersebut.

PB Ikatan Dokter Indonesia pada hari yang sama mengumumkan setidaknya 545 dokter telah pula meninggal karena wabah ini.

“Ini semua butuh upaya yang benar-benar serius, keras, dan berkesinambungan, sehingga rakyat menaruh kepercayaan dan memberi dukungan, agar pandemi bisa diatasi dan ditangani secara menyeluruh,” kata Puan.info/red