PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Memprihatinkan Makam Pasien Covid-19 Nonmuslim di Kota Bogor Terbatas

makam covid

Bogor – Tingginya kasus kematian pasien Covid-19 di Kota Bogor, membuat ketersediaan liang lahat untuk jenazah Covid-19 terus berkurang. Ini terutama terjadi pada jenazah nonmuslim.

Dari empat Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ditunjuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sebagai lokasi khusus pemakaman pasien Covid-19, kondisinya hampir terisi penuh.

Ketua Koordinator Pemulasaran Jenazah Covid-19 Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan mengatakan, pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia dilakukan di empat TPU khusus yang sudah ditunjuk oleh Pemkot Bogor.

Empat TPU tersebut yakni TPU Gunung Gadung di Kecamatan Bogor Selatan, TPU Situ Gede di Kecamatan Bogor Barat, TPU Mulya Harja di Kecamatan Bogor Selatan, dan TPU Kayumanis di Kecamatan Tanahsareal.

“Dari empat TPU khusus ini, yang sudah penuh itu TPU Gunung Gadung di Kecamatan Bogor Selatan. Kalau tiga lainnya masih tergolong masih bisa menampung,” katanya, Selasa (13/7/2021).

TPU Gunung Gadung di Kecamatan Bogor Selatan tersebut, diperuntukkan untuk jenazah nonmuslim pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia.

“TPU Gunung Gadung ini khusus untuk yang nonmuslim, yang meninggal dunia karena Covid-19. Nah TPU Gunung Gadung ini yang penuh. Kami bersama Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor sedang mencari TPU barunya,” ujarnya.

Pihaknya belum bisa memastikan TPU mana yang akan ditunjuk Pemkot Bogor untuk lokasi TPU baru.

“Kami serahkan kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman. Mereka yang akan memetakan lokasi TPU mana yang akan digunakan untuk pemulasaraan pasien Covid-19 nonmuslim,” tutupnya.

Berdasarkan data Tim Pemulasaraan Kota Bogor dari 34 jenazah pasien Covid-19 selama satu pekan, 5 pasien merupakan nonmuslim.

Sedangkan rata-rata kasus harian meninggal pasien Covid-19 Kota Bogor berjumlah 2 orang.info/red