PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Uci Flowdea: Rest Area KM 260B Banjaratma Diharapkan Mampu Dongkrak Ekonomi Warga Sekitar

Screenshot 2021 07 12 10 50 00
Uci Flowdea

Surabaya,pustakalewi.com – Bila melewati Jalan Tol Trans-Jawa, cobalah mampir ke Rest Area KM 260B Banjaratma di Brebes, Jawa Tengah. Rest area ini memiliki keunikan tersendiri karena merupakan bekas Pabrik Gula Banjaratma yang didirikan pada 1908 oleh perusahaan perkebunan Belanda, N.V. Cultuurmaatschappij.

Beberapa detail otentik dari bekas pabrik gula masih bisa dilihat. Seperti nama pembuat tiang besi yang namanya
terpatri di sisi tiang, hingga tegel lama yang menghiasi salah satu sisi dindingnya. Mesin penggilingan tebu, tungku perapian dan bagian bangunan berusia ratusan tahun juga masih ada. Pada bagian dalam bangunan, terdapat taman burung.

Sedangkan di bagian luar, bisa dilihat bekas lokomotif uap tua yang dahulu digunakan untuk mengangkut pohon tebu, namun sudah tak berfungsi. Lokomotif ini menjadi pengingat masa kejayaan pabrik gula sekaligus spot foto yang instagrammable.

Pabrik Gula Banjaratma sebuah perusahaan perkebunan berpusat di Amsterdam, Belanda. Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 10,5 hektar, gulung tikar pada tahun 1997 akibat tingginya biaya operasional.

Luas rest area Banjaratma menampung banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjajakan kuliner khas Pantura Brebes – Tegal dikenal dengan produk bawang merah, telur asin, kerupuk melarat, bandeng presto, sate kambing, teh poci dan kerajinan tangan.

PG Banjaratma

PT. PP Sinergi Banjaratma mengoperasikan rest area Banjaratma yang ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya ini sebagai destinasi wisata wajib disinggahi.

Salah seorang sosialperneur asal Surabaya Uci Flowdea beberapa saat yang lalu berkesempatan mampir dan menikmati keunikan dari rest area ini.  

Bangunan yang didominasi material bata merah tanpa plesteran menyuguhkan kesan retro ketika dipandang dari depan rest area menyiratkan jejak kejayaannya ungkap wnita yang juga pengusaha dan pelantun lagu rohani ini.

Menurut Uci kehadiran rest area ini dapat membantu sektor UMKM dan mendongkrak perekonomian masyarakat disekitar rest area pada khususnya serta masyarakat Kabupaten Brebes pada umumnya.info/red