PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pemkab Malang Inovasi Pengolahan Sampah

Pemkab Malang sampah

Malang – Bupati Sanusi menyampaikan Pemerintah Kabupaten Malang terus melakukan terobosan dan berinovasi terkait pengolahan sampah.

Bupati mengajak semua pihak yang berhubungan dengan persampahan bersama-sama mencari penanganan solusi perihal persampahan agar bisa teratasi dengan baik, termasuk kepada para pengusaha.

Hal ini disampaikan Bupati ke awak media usai berkegiatan di TPST 3R Mulyoagung Bersatu, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jumat (9/7) pagi.

“Sampah ini juga bisa dimanfaatkan kembali dan bisa menghasilkan pendapatan bagi para pemulung dan masyarakat. Seperti konsep pengolahan sampah yang sudah berjalan di TPST 3R Mulyoagung, dengan dilakukan Prinsip 3R yakni Reduce, Reuse dan Recycle,” jelasnya .

“Selain itu, jika dari pengolahan menghasilkan kandungan gas, kita ambil gasnya seperti di TPA Talangagung yang saat ini bisa mencukupi kebutuhan 250 KK, sehingga warga sudah memiliki sumber pengganti elpiji,” imbuhnya.

Pemkab Malang pun sedang melakukan kerjasama dengan Pemerintah Pusat untuk menciptakan sumber daya listrik dari hasil pengolahan sampah. Semua desa akan diedukasi bisa mengembangkan pengolahan sampah hingga bermanfaat. (Red)