PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Australia Kirim Bantuan 1.000 Ventilator dan 2,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 bagi Indonesia

Surabaya – Dukungan dari pemerintah Australia berupa 1.000 ventilator telah tiba kemarin, Jumat (9/7/2021), jelang tengah malam. Bantuan ini wujud kerja sama dan kolaborasi yang baik antara Indonesia dan Australia sebagai negara sahabat dan mitra strategis komprehensif.

“Selain ventilator, Australia juga akan mengirimkan 2,5 juta dosis vaksin Covid-19, oxygen concentrator, tabung oksigen, test kit antigen, dan alat-alat kesehatan lainnya secara bertahap,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri, Sabtu (10/7/2021). Namun tidak disebutkan nama produsen untuk vaksin yang didatangkan dari Australia tersebut.

Selain Australia, beberapa negara sahabat lainnya juga telah menawarkan dukungan kepada Indonesia, yaitu Singapura, Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Inggris, Uni Emirat Arab (UEA), India, RRT dan entitas internasional lainnya.

Hingga kemarin, bantuan dari Singapura juga telah tiba yaitu 200 ventilator dan 256 tabung oksigen kosong kapasitas 50 liter. Selain itu, Singapura mengirimkan bantuan masker, sarung tangan, alat pelindung diri (APD) seperti masker N95, sarung tangan, dan gown.

Pemerintah Indonesia juga melakukan pengadaan secara mandiri (pembelian) dari Singapura berupa 10.000 unit oxygen concentrator, di mana sebagian kecil yaitu 30 unit telah tiba bersama dengan dukungan pemerintah Singapura.

Kerja sama dan kolaborasi adalah kunci dalam menghadapi perkembangan kenaikan kasus dan kematian Covid-19 yang terjadi di berbagai kawasan dunia akibat varian baru ini.info/red