PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Berikut Tips Memilih HP Gaming Murah Namun Berkualitas

hp gaming

Surabaya – Pandemi membuat semua orang di rumah terus. Supaya tidak bosan, banyak dari mereka yang jadi gemar bermain game. Perangkat handphone atau hp menjadi alat yang dipakai untuk bermain game tersebut. Tak pelak, hp gaming pun kini menjadi incaran.

Hp gaming sejatinya tak melulu berharga mahal. Pasalnya, terdapat berbagai varian hp gaming yang harganya murah, namun berkualitas.

Asal tahu tipsnya, konsumen bisa mendapatkan hp gaming murah namun kualitas yang bagus. Berikut, beberapa tips memilih hp gaming murah yang berkualitas yang perlu diketahui.

Teliti Bagian Layar
Dalam bermain game, layar merupakan bagian yang penting. Jadinya, saat membeli hp gaming harus memilih yang punya resolusi tinggi dan jenis panel yang digunakan juga mumpuni. Perhatikan juga ukurannya layarnya. Standarnya ukuran layar hp yang asyik dipakai main game adalah lebih besar dari 5 inci.

Selain itu, perhatikan juga resolusi layarnya. Minimal Full HD yang setara dengan 1080p. Lagi-lagi, semakin besar resolusinya, akan semakin bagus. Walaupun nanti akan berpengaruh pada konsumsi baterai.

Kombinasi Kapasitas RAM, Prosesor, serta GPU

Seperti halnya laptop gaming, hp gaming pun sebisa mungkin punya RAM yang besar. Supaya performa gaming-nya bisa maksimal. Namun di sini, minimal RAM-nya 4GB juga sudah mumpuni.

Untuk prosesor, semakin mutakhir tentu akan semakin bagus. Akan tetapi untuk yang hp murah, minimal Snapdragon 625. Sebab untuk hp gaming mahal, biasanya menggunakan prosesor kelas flagship, seperti Snapdragon 855+ atau Snapdragon 865.

Untuk GPU atau graphics processing unit, juga harus memilih yang bagus. Akan tetapi, ini biasanya beriringan dengan prosesor yang digunakan. Misalnya saja Exynos 9810 dengan GPU Mali-G72 MP18 atau Snapdragon 845 dengan Adreno 630. Dua GPU ini merupakan GPU langganan yang sering dipakai di hp gaming mahal.

Memori Internal

Main game tidak hanya membutuhkan pengolah data serta olah grafis yang berat saja. Aplikasi game juga banyak yang besar. Seperti Mortal Kombat X, lalu Dungeon Hunter 4, kemudian Pro Evolution Soccer, serta Injustice 2 merupakan contoh game berat.

Nah, supaya bisa tersimpan dengan baik, maka hp gaming yang digunakan harus memiliki memori internal yang besar. Minimal 64 GB, sebab jika hanya 32GB kurang cukup sehingga perlu menghapus banyak aplikasi-aplikasi lain yang sudah ada.

Kapasitas Baterai Besar
Main game itu sangat aktif, karenanya akan membuat konsumsi baterai menjadi lebih cepat dari normal. Agar bisa bermain game dengan lancar, sehingga tak khawatir baterai habis dan tidak harus mengisi baterai berulang kali, maka pilih hp gaming yang kapasitas baterainya besar. Kapasitas 3000 mAh memang bisa, akan tetapi jika bisa lebih besar tentu lebih baik.

Periferal Pendukung
Hp gaming mahal kebanyakan memiliki banyak aksesoris atau periferal. Misalnya gamepad. Sebab para gamer setuju jika pengalaman gaming yang seru, justru didapat dari game yang menggunakan kontrol fisik, dan bukan tombol virtual. Namun tak banyak brand yang mengeluarkan ini.

Jika mencari hp gaming yang punya peripheral sendiri, bisa melirik hp Black Shark dari Xiaomi yang mengeluarkan produk gamepad mini dan bisa dibeli secara terpisah. Jadinya para gamer bisa mendapatkan pengalaman gaming yang maksimal.

Perhatikan Harga
Hp gaming kebanyakan menggunakan spesifikasi keren, jadinya harganya mahal. Akan tetapi jika budget terbatas, masih bisa menyiasatinya dengan memilih spesifikasi yang paling minimal. Seperti chipset Snapdragon minimal seri 400, RAM minimal 3GB dan memori internal minimal 32GB.info/red