PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Singkirkan Spanyol, Italia ke Final Euro 2020

italia
Pemain Italia meluapkan kegembiraannya setelah menang adu penalti

London – Tim nasional sepakbola Italia memastikan maju ke babak puncak turnamen Piala Eropa 2020 atau UEFA Euro 2020 setelah mengalahkan Spanyol lewat adu penalti pada Rabu dinihari (07/07) waktu Indonesia Bagian Barat. Ini akan menjadi final ketiga bagi Gli Azzuri di sepanjang sejarah Euro setelah mereka melakukannya  pada 1968 dan 2000.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wembley ini, Spanyol sebenarnya mendominasi penguasaan bola dengan total penguasaan bola mencapai 71%. Namun Italia yang bermain impresif sejak penyisihan grup bermain lebih efektif terutama dalam serangan balik. Sebaliknya, Spanyol yang bermain dengan skema tanpa penyerang murni gagal menyuplai lini serangnya dengan bola-bola matang.

Italia mencetak gol dengan skema serangan balik lewat penempatan bola yang brilian dari pemain Juventus Enrico Chiesa pada menit ke-60. Pemain Juventus lainnya, Álvaro Morata, menyelamatkan Spanyol 10 menit sebelum pertandingan usai dengan memanfaatkan umpan terobosan Dani Olmo.

Pada masa perpanjangan waktu 2 x 15 menit situasi tidak berubah. Hanya ada satu peluang emas bagi Spanyol yang masih mampu dihalau barisan pertahanan Italia. Skor tetap bertahan 1-1 dan terpaksa pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Situasi dramatis tercipta di babak adu penalti. Dua penendang pertama gagal. Mendapat kesempatan pertama, tendangan algojo pertama Italia, Manuel Locatelli, mampu dibaca dan ditepis oleh kiper Spanyol, Unai Simón. Sialnya Spanyol juga mengalami hal serupa tatkala tendangan Dani Olmo melambung di atas mistar Gianluigi Donnaruma. Dua penendang berikutnya dari masing-masing tim mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sampai penendang keempat Spanyol, Álvaro Morata, tendangannya ke sisi kiri bawah mampu ditepis oleh Donnaruma. Jorginho yang menjadi algojo penalti reguler di klubnya tidak menyia-nyiakan peluang ini dan mampu mengecoh Simon sekaligus memastikan Italia ke final.

Di final, tim asuhan Roberto Mancini ini menunggu pemenang semifinal ke-2 antara Inggris melawan Denmark yang akan berlangsung malam ini waktu setempat di Stadion Wembley. (sav)