PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Komnas PA Desak Poliisi Tetapkan Terduga Pelaku Kejahatan Seksual di SMA SPI Tersangka

aris merdeka

Surabaya – Proses hukum dugaan tindak pidana kejahatan seksual atau pencabulan di lingkungan sekolah terhadap belasan anak didiknya oleh JE, salah satu pendiri SMA SPI Kota Batu terus bergulir. Demikian diungkap Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repi Handoko, Selasa (6/7/2021).

“Penyidik sudah meminta keterangan 21 orang saksi. Sekarang ini dilakukan pemberkasan. Belum ada tersangka,” terangnya.

Sementara itu Ketua Umun Komnas Perlindungan Anak, Aries Merdeka Sirait, Selasa (6/7/2021) menyebut sudah ada 14 korban yang sudah melapor ke Polda Jatim tentang dugaan kejahatan seksual oleh JE tersebut. Dia meminta penyidik mencekal dan menetapkan JE, terduga pelaku kejahatan seksual anak sebagai tersangka agar proses hukum tidak berlarut-larut atau bertele-tele.

Para korban atau pelapor kata Aries, sapaan akrabnya, sudah menyerahkan tambahan barang bukti berupa testimoni, CCTV, dan rekaman video.

“Tanggal 30 Juni 2021, dua pelapor sudah diminta keterangan tambahan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan dikonfrontir dengan JE, terduga pelaku. Sebelumnya JE telah diminta keterangan oleh penyidik,” bebernya.

Aries juga menyebut ada keterlibatan pihak lain dalam kasus dugaan kejahatan seksual di SMA SPI. Pasalnya, menurut Aries sebelumnya para korban ini sudah melapor kepada 4 orang pendiri SMA SPI lainnya soal pelecehan seksual yang mereka alami, namun diabaikan dan tidak ada tindak lanjutnya.

Sedangkan pihak SMA SPI Kota Batu melalui nomor ponsel yang tertera di Google saat dikonfirmasi, Selasa (6/7/2021) menerangkan tidak update infonya.

“Saya konsentrasi di manajemen sekolah. Mohon ditanyakan kepada pihak pengacara,” tulisnya melalui pesan WhatsApp tanpa menyebut nama dan jabatannya di SMA SPI.

Sewaktu ditanya siapa pengacara SMA SPI dan JE, yang bersangkutan tidak menjawab. Sampai berita ini diturunkan awak media ini berupaya mencari informasi siapa pengacara atau Penasihat Hukum yang ditunjuk SMA SPI dan JE.innfo/red