PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Rachmawati Soekarnoputri Berpulang, Keluarga Besar PDI Perjuangan Jatim Sampaikan Belasungkawa Mendalam

rachmwati

Surabaya – Keluarga besar DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya putri Presiden pertama RI Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri pada Sabtu (3/7/2021) pagi.

“Innalillahi wainna ilahi rojiun, innalillahi wainna ilahi rojiun, innalillahi wainna ilahi rojiun… Kami keluarga PDI Perjuangan Jawa Timur mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya Ibu Rachmawati Soekarnoputri,” ucap Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi, Sabtu (3/7/2021).

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari menambahkan, Rachmawati adalah salah satu putri Bung Karno, sang Proklamator Bangsa.

Rachmawati mengembuskan nafas terakhir saat dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

“Semoga beliau mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, diampuni semua dosa-dosanya, dan diterima semua amal baiknya selama di dunia. Aamiin,” kata Untari.

“Dan keluarga yang ditinggal Ibu Rachmawati, semoga selalu diberi kesabaran,” tambah Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini.

Rachmawati lahir di Jakarta pada 27 September 1950. Putri ketiga pasangan Soekarno dan Fatmawati ini dikenal sebagai tokoh yang kukuh memperjuangkan hak konstitusional rakyat Indonesia. 

Salah satu kepedulian Rachma adalah pada dunia pendidikan. Pada tahun 1981, dia mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) dan di tahun 1983 mendirikan Universitas Bung Karno (UBK).

Namun di era Orde Baru itu, UBK dilarang beroperasi. Dan baru berdiri kembali di tahun 1999 di era Presiden BJ Habibie.

Pada tahun 2016 Rachmawati mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari Republik Rakyat Demokratik Korea atau Korea Utara.info/red