PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

IKBA UNTAG Surabaya Gelar Pemilihan Ketum

Dr Revi

Surabaya – Berakhirnya periode kepengurusan 2017-2021, Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas 17 Agustus 1945 Sarabaya (IKBA UNTAG Surabaya) akan menggelar agenda besar, pemilihan ketua umum (ketum) IKBA UNTAG Surabaya untuk periode 2021 – 2025.

Dr Navi Muda Priyatna ST MM mengatakan di tengah Pendemi COVID-19 yang masih belum pasti kapan akan berlalu IKBA UNTAG Surabaya akan menggelar agenda pemilihan ketum. Organisasi nirlaba alumni kampus Universitas 17 Agustus 1945 Sarabaya yang dulu dikenal dengan sebutan ‘Kampus Merah Putih” dan kini dengan sebutan “Kampus Merdeka” yang menaungi puluhan ribu alumni ini bertekad tetap melaksanakan agenda pemilihan ketum.

Navi Muda mengatakan penjaringan bakal calon ketum dilaksanakan melalui mekanisme formatur yang sudah terbentuk dan sedang berjalan. Terkait penjaringan, formatur tetap menjalankan prokes Darurat COVID-19 yang diberlakukan pemerintah saat ini.  

“Oleh karena itu semua mekanisme penjaringan dan pendaftaran dilaksanakan secara daring.” Kata Navi Muda.

Navi Muda juga memeparkan agenda pemilihan ketua umum IKBA Untag Surabaya dilaksnakan di bulan Juli ini. Untuk penjaringan, Formatur sudah membuka pendaftaran sejak Kamis (1/07/2021) dan akan ditutup pada Rabu (7/7/2021). Informasi terkait penjaringan ini sudah disebar oleh tim penjaringan melalui online, whatsapp, dan juga melibatkan fakultas untuk diteruskan ke alumninya.

“kita melaksanakan penjaringan bakal calon ketua umum secara daring melalui whatsapp dan sosial media dengan melibatkan seluruh unsur diantaranya alumni dari seluruh fakultas yang ada di UNTAG. Alumni yang ingin mendaftar sebagai kandidat dipersilahkan komunikasi melalui whtasapp ke WA 085749001169 ”, kata Navi Muda.

“Kita melaksanakan proses penjaringan bakal calon ketua umum IKBA periode 2021-2025 yang sudah dibuka dari Kamis (1/07/2021) hingga Rabu (7/7/2021). Hasil seleksi nantinya akan diumumkan Senin (12/7/2021) pukul 13.00.” Imbuh Navi Muda yang juga alumni lulusan S1 Teknik Untag Surabaya.

Sebelumnya IKBA UNTAG Surabaya menggelar agenda penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepengurusan periode 2017- 2021 pada Selasa (29/06/2021) secara daring menggunakan zoom meeting. Hadir di penyampaian LPJ diantaranya Rektor Untag Surabaya dan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Untag Surabaya.

“Saya berharap proses pemilihan calon ketua umum berjalan dengan baik, transparan, jujur dan berjalan lancar. Masing-masing fakultas dapat mengirimkan kader alumni untuk mewarnai pemilihan Calon Ketua Umum IKBA”. Ujar Navi Muda yang juga Dosen Pascasarjana UNIGA Malang.

Kabid sertifikasi dan pendidikan PC Asosasi Profesionalis Electrikal Mekanikal Indonesia (APEI) serta kabid pendidikan dan pelatihan DPC Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) ini berharap calon ketua umum dapat memaparkan profil dirinya secara jujur.

Navi Muda mengatakan calon ketum harus mebuat video pendek berdurasi 10 menit format mp4 yang berisi profil diri beserta pemaparan visi, misi dan program yang diunggulan. Video tersebut harus dikirim ke tim penjaringan. Calon ketum diharapkan memiliki visi misi yang selaras dengan program kerja yang ada di IKBA, dan juga diharapkan memiliki program kerja unggulan yang ditawarkan.

“Saya berharap calon ketua umum nanti yang terpilih bisa bersinergi dengan rektorat dan program-program dari Kampus UNTAG, tentunya dengan target memajukan lembaga pendidikan UNTAG atau kampus UNTAG” harap Navi Muda.

Navi Muda juga menyampaikan, calon ketum dan kepengurusan yang baru nantinya diharapkan mampu bekerja dengan baik dan membuktikan kerja nyata.

“Saya tidak ingin ketum terpilih beserta pengurus nantinya hanya numpang nama, namun tidak mampu berfungsi sebagai penggerak organisasi.”, Tegas Navi Muda.

“IKBA UNTAG adalah organisasi besar dan memiliki alumni puluhan ribu, supaya bermanfaat keberadaannya bagi alumni, kampus dan masyarakat.” Kata Navi Muda yang S1 hingga S3 nya ditempuh di Kampus UNTAG Surabaya.info/red