PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Sambut Ulang Tahun Kota Kediri, Puluhan Seniman Lukis Pamerkan Karyanya di Lotus Garden Hotel

Kediri,pustakalewi.com – Dalam rangka menyemarakkan HUT KOTA KEDIRI ke-1141 sekaligus mendukung dunia pariwisata, Fitriart bersama dengan Lotus Garden Hotel Kediri menyelenggarakan pameran lukisan bertema “Pesona Dhaha”.

Namun, demi kenyamann dan keamanan bersama pameran lukisan “Pesona Dhaha” yang diselenggaran mulai tanggal 28 Juni hingga 27 Juli di Lobby dan Cafe Loji Garden Lotus Hotel Kediri tidak mengadakan Opening Ceremony.

Ida Fitriyah selaku Ketua Panitia sekaligus pelukis asal Kota Surabaya menyampaikan bahwa, pameran kali ini tidak dilakukan Opening Ceremoni secara langsung melainkan diadakan secara virtual demi keamanan dan kenyamanan bersama.

“Pameran lukisan ini juga sebagai bentuk kepedulian para seniman lukis se Jawa Bali akan kondisi pandemi yang belum juga reda,” kata Fitri, Senin, (28/06/21).

Para seniman lukis, lanjut Fitri, ingin membuktikan kepada masyarakat bahwa, meskipun pandemi para seniman juga masih bangkit dan berkarya. Meskipun, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Menurut Fitri, pameran bertema “Pesona Dhaha” ini memiliki makna perjalanan dan kekuatan para seniman di masa pandemi. Serta, menggambarkan kekuatan cinta, Pesona dan keelokan Kota kediri yang dituangkan dalam lukisan.

Dalam pameran tersebut diikuti 44 seniman lukis se Jwa Bali yaitu Bali, Banyuwangi, Bandar Lampung, Bogor, Bondowoso, Depok, Yogyakarta, Kediri, Krian, Lamongan, Pare, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Solo, Surabaya dan Tulungagung.

“Mereka akan menampilkan karya karya terbaiknya dengan berbagai gambar yang luar biasa indah,” terangnya.

Melalui pameran ini, Fitriart berharap masyarakat semakin peduli akan dunia seni dan turut mendukung bangkitnya dunia pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Kami para seniman lukis hanya berharap masyarakat bisa menikmati karya karya yang kita suguhkan melalui pameran ini. Sehingga, bisa memberikan motivasi dan harapan baru dalam menghadapi pandemi ini,” ungkap Fitri.

Sementara itu General manager Lotus Hotel Kediri Vera Moeljadi mengatakan bahwa dunia seni lukis merupakan dunia yang menggairahkan dalam kehidupan, yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Vera
General manager Lotus Hotel Kediri Vera Moeljadi

“Kami Lotus Hoel Kediri sangat mengapresiasi semua karya yang telah diciptakan oleh para seniman dan seniwati ini. Tanpa adanya seni, hidup ini seakan kurang lengkap dan gersang, datar begitu saja.” terang Vera

Dengan diadakannya pameran  lukisan di Lotus Hotel Kediri, diharapkan dapat memotivasi kepada para seniman untuk berkarya dan berprestasi serta mampu menciptakan harmonisasi dalam kehidupan.

Pameran yang digelar selama sebulan pennuh ini juga sebagai sarana edukasi dan promosi bagi masyaraat kota Kediri yang dimana masa pandemi ini para seniman-seniman tersebut masih bisa berkarya.mwp