PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Gunakan Mesin Hino, Adiputro Kenalkan Varian Bus Terbarunya

bus adiptro

Surabaya – Karoseri Adiputro di Malang baru saja merilis varian bus terbaru. Bus ini diberi nama Jetbus Transit, bus berukuran medium dan menggunakan bodi monokok serta low deck. Bodi bus monokok artinya bodi termasuk sebagai sasis, tidak terpisah seperti bus-bus medium pada umumnya.

Berdasarkan keterangan pada Instagram Adiputro, ada beberapa keunggulan dari bodi monokok ini. Pertama berat bus jadi lebih ringan yang berefek pada konsumsi bahan bakar. Kemudian lebih stabil karena menggunakan coil spring untuk sistem suspensinya.

Untuk desainnya, bus ini memang cocok digunakan untuk bus perkotaan. Tampilan eksteriornya juga unik, memiliki lampu depan yang simpel dan penempatannya rendah, membuat bus terlihat rendah dan modern. Dari samping, tampilannya juga sangat sederhana, bahkan sangat mengotak yang membuatnya futuristik.

Ada dua pintu masuk yang rendah, di bagian depan dan tengah sehingga pengguna kursi roda dapat mudah masuk ke kabin. Membahas bagian kabinnya, tidak berbeda jauh dengan bus kota pada umumnya. Namun Adiputro menyematkan dispenser hand sanitizer sekaligus pengecek suhu tubuh di pintu masuk, lalu ada juga rak untuk menyimpan sepeda lipat.

Selain itu, disediakan juga tempat dengan kursi lipat di mana bisa ditempati untuk pengguna kursi roda. Kemudian di belakang kabin pengemudi juga dipasang layar LED besar yang bisa menampilkan informasi rute perjalanan. Belum ada keterangan lebih detail mengenai dimensi dari bus medium dengan bodi monokok ini. Sedangkan untuk mesinnya, Adiputro mengatakan kalau Jetbus Transit ini menggunakan mesin dari Hino. info/red