PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

BNN Kota Tangerang Peringati Hari Anti Narkoba Internasional

bnn tangerang HAN

Tangerang – Badan Narkotika Nasional (BNN) memperingati Hari Anti Narkotika Internasional yang jatuh setiap tanggal 26 Juni. Pada tahun ini, perayaan HANI diselenggarakan pada hari ini, (28/06/2021) di tengah suasana pandemi yang belum berakhir.

Untuk itu tema HANI tahun 2021 adalah Perang Melawan Narkoba (War On Drugs) di Era Pandemi Menuju Indonesia Bersih Narkoba (BERSINAR). Pada tahun ini perayaan HANI diselenggarakan secara virtual dari beberapa tempat secara bersamaan. Istana Wakil Presiden serta Balai Besar Rehabilitasi Lido, Bogor dan disaksikan secara virtual dari BNN Provinsi dan BNN Kota di seluruh Indonesia.

Tidak terkecuali, BNN Kota Tangerang pun turut memeriahkan acara tersebut dengan mengundang Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Tangerang hadir untuk bersama-sama melaksanakan video conference peringatan HANI 2021.

Acara tersebut berlangsung di Aula Kantor BNN Kota Tangerang, yang bertempat di Jalan Imam Bonjol, No.202, Karawaci Kota Tangerang. Ketua DPRD Kota Tangerang, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Kepala Kejaksanaan Negeri Kota Tangerang, Perwakilan Kapolres Metro Tangerang Kota, Perwakilan Komandan Kodim 0506 Tangerang, dan perwakilan Kepala Lapas Pemuda Kelas II-A Tangerang hadir di lokasi.

“2 musuh besar bagi dunia yang menjadi ancaman bagi kemanusiaan saat ini adalah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan narkotika”, ujar Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’aruf Amin secara virtual

Menurut Ma’ruf, 180 dari tiap 10.000 penduduk Indonesia umur 15-65 tahun sudah terpapar narkoba. Peredaran narkoba sudah merambah ke desa-desa. Baik wanita dan anak anak bahkan menjadi kurir narkoba. Perang melawan narkoba membutuhkan sinergitas seluruh pihak.

“Maka dari itu, BNN perlu melakukan langkah strategis untuk memperkuat intervensi ketahanan keluarga, mendorong partisipasi lembaga terkait dan kelompok masyarakat, untuk melakukan intervensi wilayah rawan narkoba agar bersih dari narkoba juga meningkatkan pelayanan rehabilitasi intervensi berbasis masyarakat, serta memperkuat jejaring pemberantasan narkoba”, tegas Ma’ruf Amin.

Menyambut amanat Wakil Presiden Republik Indonesia tersebut, maka dari itu dilakukan peresmian Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di seluruh wilayah di Indonesia oleh Bapak K.H. Ma’aruf Amin.

Desa Bersinar adalah salah satu program unggulan BNN dimana satu desa atau kelurahan yang termasuk wilayah rawan narkoba di tiap tingkat Provinsi dan tingkat Kota serta Kabupaten dilakukan intervensi dari segala arah, baik pencegahan penyalahgunaan narkoba, rehabilitasi hingga pemberantasan jaringan gelap narkoba di wilayah rawan tersebut.

Harapan besar digantungkan dengan pembentukan desa bersinar tersebut, bahwa sebagai penyangga kota, desa sudah bertransformasi menjadi jalur yang sangat rawan akan peredaran gelap narkoba.

Peningkatan perekonomian yang kian meningkat, menjadikan desa sebagai salah satu tombak dalam upaya pemulihan ekonomi nasional untuk mencapai pembangunan negara yang berkelanjutan. Tidak hanya itu, potensi besar desa juga menjadi bisnis baru bagi para bandar narkoba. Sehingga diperlukan ketahanan yang kuat baik warga masyarakat maupun perangkat desa dari Desa/Kelurahan tersebut agar mampu menanggulangi permasalahan narkoba.

Diharapkan peringatan HANI tahun 2021 ini dapat menjadi momentum bagi seluruh pihak, baik wilayah desa maupun perkotaan, baik pusat maupun tingkat Kota dan Kabupaten untuk bersama-sama serempak dalam melakukan perang melawan narkoba (War On Drugs) demi mewujudkan Indonesia yang bersih dari narkoba. info/red