PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Evita Nursanty Jadi Ketua Umum KBPP Polri Periode 2021-2026

Evia Nursanty
Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan kepengurusan Pimpinan Pusat Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP Polri) masa bakti 2021-2026 di bawah kepemimpinan Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty. Pengukuhan berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center Ruang Cendrawasih, Kamis (17/6/2021) dengan protokol kesehatan yang ketat didahului swab antigen bagi semua undangan.

Hadir dalam pengkuhan ini antara lain Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Dewan Kehormatan KBPP Polri Bambang Soesatyo (Bamsoet), Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, anggota Komisi III DPR Adang Daradjatun, anggota Komisi V DPR yang juga Wakil Ketua BURT DPR Novita Wijayanti, dan anggota DPR lainnya, Dewan Penasehat KBPP Polri Nanan Soekarna, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, dan Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo.

Dalam sambutannya, Kapolri yang juga Ketua Dewan Pembina KBPP Polri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku bangga dan meyambut baik atas adanya pengukuhan yang bertemakan “Keluarga Besar Putra Putri Polri Solid dan Modern Bertekad Mendukung Transformasi Polri yang Presisi untuk Indonesia Maju” ini.

“Saya selaku Kapolri, baru beberapa waktu yang lalu telah mencanangkan semangat untuk kita maju dengan membawa beberapa semangat baru yang dicanangkan dalam bentuk transformasi menuju Polri yang presisi, oleh karena itu tentunya dengan tema yang diangkat pada hari ini yaitu bagaimana keluarga besar putra-putri Polri solid dan modern untuk mendukung program-program transformasi Polri menjadi suatu kebanggaan buat kami,” ucap Listyo Sigit.

Kapolri berharap bahwa putra dan putri Polri bisa menjadi kekuatan untuk mendorong, mewujudkan, dan membantu saudara-saudara di Tanah Air dalam menghadapi pandemi Covid-19. KBPP Polri juga harus bersinergi dalam menekan angka laju penularan Covid-19 serta kembali mewujudkan pemulihan ekonomi nasional.

Evita Nursanty, yang juga anggota DPR mengatakan, KBPP Polri memiliki visi untuk menjadikan anggota dari pusat sampai provinsi, dan kabupaten/kota, hingga kecamatan di seluruh Indonesia, menjadi organisasi yang solid, kuat, modern, dan berwibawa. Dirinya juga akan membawa KBPP Polri menjadi organisasi berwawasan kebangsaan dengan mengembangkan empat pilar, yakni pemanfaatan teknologi, pengembangan SDM, penataan organisasi dan keanggotaan, serta penguatan hubungan dengan Polri, pemerintah, dan masyarakat.

“Dengan visi dan empat pilar ini KBPP Polri siap mendukung visi transformasi Polri Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan atau Presisi; mendukung program pemerintah, dan juga siap bersinergi dengan MPR dengan empat pilar kebangsaan,” kata Evita.

Dikatakan, pada era teknologi 4.0 ini memang organisasi harus dikelola secara modern dan berwibawa sehingga keberadaan KBPP Polri bukan hanya dirasakan manfaatnya oleh internal keluarga besar KBPP Polri, tetapi juga masyarakat di seluruh Indonesia.

Saat ini pun, lanjut Evita, KBPP Polri proaktif dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19, antara lain dengan melakukan sosialisasi protokol kesehatan. Anggota KBPP Polri juga terdaftar sebagai relawan pelacak Covid-19 di berbagai daerah.

KBPP Polri juga memiliki program khusus, yakni peningkatan SDM dengan jumlah anggota jutaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, KBPP Polri akan melakukan pembenahan basis data.

“Saya sampaikan kepada Kapolri, prioritas program Pengurus Pusat KBPP Polri yang baru adalah digitalisasi dalam mempergunakan kemajuan teknologi komunikasi. Jika pada masa lampau ketua umum mesti turun ke daerah-daerah maka sekarang di era kemajuan teknologi kita tetap bisa berkomunikasi dan bertatap muka dengan daerah-daerah dan mendengarkan aspirasi-aspirasi,” kata Evita.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang diangkat menjadi Wakil Ketua Dewan KBPP Polri periode 2021-2026 menegaskan, dirinya akan memadukan empat pilar kebangsaan MPR dengan empat pilar KBPP Polri untuk semakin menguatkan organisasi kemasyarakatan itu menjadi solid, kuat, modern, berwibawa, dan berwawasan kebangsaan.

Menurut dia, langkah tersebut untuk mendukung visi transformasi Polri Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan), di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Empat Pilar MPR terdiri atas Pancasila sebagai dasar negara, landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa; UUD 1945 sebagai landasan konstitusional; Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus bentuk kedaulatan negara; dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semangat pemersatu dalam kemajemukan bangsa.

Sementara, empat pilar KBPP Polri terdiri atas pemanfaatan teknologi; pengembangan SDM; penataan organisasi dan keanggotaan, serta penguatan hubungan dengan Polri, pemerintah, dan publik.

“Di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Polri terus meningkatkan kinerja menjadi lembaga penegak hukum yang tak hanya tegas, juga memiliki personel yang solid, profesional, dan mumpuni dalam mewujudkan Police 4.0,” ujar Bamsoet.info/red