PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Terinspirasi Legenda Kerajaan, KAI Beri Nama KA Nusa Tembini Jurusan Cilacap – Yogyakarta PP

Lokomotif

Surabaya – Selain meluncurkan KA Baturraden Ekspres, KAI juga meluncurkan KA Nusa Tembini relasi Cilacap – Yogyakarta PP pada 2 Juli 2021. KA Nusa Tembini terinspirasi dari nama legenda kerajaan yang ada di wilayah Cilacap.

KA Nusa Tembini memiliki 2 kelas yaitu Eksekutif dengan tarif mulai dari Rp110.000 dan Ekonomi dengan tarif mulai dari Rp90.000 yang sudah dapat dibeli melalui KAI Access, web KAI, loket, dan channel eksternal.

KA Nusa tembini relasi Cilacap-Yogyakarta PP berhenti di Stasiun Cilacap, Maos, Kroya, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Kutoarjo, Wates, Yogyakarta dan sebaliknya.

Adapun rangkaian KA Nusa Tembini terdiri dari 4 kereta Eksekutif dan 3 kereta Ekonomi dengan total 392 tempat duduk. Namun kapasitas Kereta Api selama masa pandemi adalah maksimal 70% dari total tempat duduk sesuai SE Kemenhub No 14 tahun 2020 sehingga total tempat duduk KA Nusa Tembini adalah 275 tempat duduk.

Tarif khusus KA Nusa Tembini yang berlaku pada relasi Kroya-Cilacap PP (Eksekutif Rp30.000 & Ekonomi: Rp20.000), Cilacap-Yogyakarta PP (Eksekutif: Rp80.000 & Ekonomi: Rp50.000), dan Kutoarjo – Yogyakarta PP (Eksekutif: Rp45.000 & Ekonomi: Rp25.000). Tarif khusus dapat dibeli mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Sementara itu kawasan Baturaden di Banyumas memiliki banyak sekali potensi wisata seperti Lokawisata Baturaden, Curug Lawang, Curug Telu dan lain sebagainya.

Guna memajukan pariwisata serta membantu memudahkan mobilitas masyarakat dari dan ke daerah tersebut, KAl akan meluncurkan KA baru yaitu KA Baturraden Ekspress.

KA Baturaden Ekspres relasi Purwokerto-Bandung (PP) berhenti di stasiun Bandung, Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Jatibarang, Cikampek, Jatibarang, Cirebon, Prupuk, Bumiayu, Purwokerto maupun sebaliknya.

KA Baturraden Ekspres termasuk KA Jarak Jauh sehingga pengaturan terkait penanganan Covid-19 sama dengan KA jarak jauh lainnya.

Tiket KA sudah dapat dibeli melalui KAI Access, web KAI, loket, dan channel eksternal yang ditentukan/ditetapkan. KAI menawarkan tarif khusus untuk rute tertentu. Tarif khusus dapat dibeli mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api di KAI Access, loket, dan seluruh channel eksternal selama masih tersedia tempat duduk.

Untuk KA Baturraden Ekspres tersedia tarif khusus pada relasi Purwokerto – Cirebon PP (Eksekutif: Rp65.000 & Bisnis: Rp45.000), Cirebon-Cikampek PP (Eksekutif: Rp50.000 & Bisnis: Rp40.000) Bandung-Purwakarta PP (Eksekutif: Rp55.000 & Bisnis: Rp45.000), dan Bandung-Cikampek PP (Eksekutif: Rp65.000 & Bisnis: Rp55.000). (Red, foto:dok.KAI)