PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Hari Donor Darah Sedunia 2021 Angkat Tema Give Blood and Keep the World Beating

Hari Donor Sedunia

Selamat Hari Donor Darah Sedunia (HDDS) 2021! 14 Juni ditetapkan WHO sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Mengangkat tema “Give Blood and Keep the World Beating’. Peringatan HDDS 2021 bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia akan pentingnya kesehatan untuk mendonor darah.

‘Banyak orang terselamatkan dari darah yang kamu donorkan. Selain itu, mendonorkan darah secara rutin juga bermanfaat untuk menjaga zat kadar besi dalam tubuh tetap normal, kehilangan darah memacu sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel darah baru yang memiliki kapasitas pengangkutan oksigen lebih baik lagi,’ tulis Anis Baswedan dalam Instagramnya.

“Yuk, donor darah, donor darah aman!,” Ajak Gubernur DKI Jakarta.

Karl Landsteiner seorang ilmuwan dari Austria membuat klasifikasi mengenai pembagian darah manusia. Pembagian Tipe Darah Manusia ABO yang dijadikan sistem untuk menentukan pendonoran darah yang digunakan hingga saat ini.

Tema “Give Blood and Keep the World Beating” bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi pendonoran darah agar dapat berguna bagi kesehatan manusia. Selain itu, donor darah dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan kesehatan jantung.

Donor darah bisa dilakukan secara rutin. Donor darah boleh dilakukan setiap 3 bulan sekali untuk pria dan 4 bulan sekali untuk wanita.

Lalu, berapa kali boleh donor darah dalam setahun? Tentu saja, karena kebutuhannya berbeda, maka jumlah maksimal donor yang dianjurkan untuk pria dan wanita juga berbeda. Dalam setahun maksimal sebanyak lima kali dalam rentang waktu dua tahun. Sementara waktu yang tepat untuk donor darah adalah delapan minggu setelah donor darah terakhir.

Totok Sudarto Dewan Kehormatan PMI Kota Surabaya menyampaikan bagi yang telah divaksin harus menunggu 14 hari mengikuti vaksin kedua.

“Setelah itu boleh melakukan donor darah kembali,” ujar Totok Sudarto yang mengucapkan Selamat Hari Donor Darah Sedunia 2021 dan berharap makin tinggi kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah. (Aira)