PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Naftali Bennett Resmi Dilantik Jadi PM Baru Israel

Naftali bennet
Naftali Bennett

 Surabaya – Naftali Bennett, pemimpin partai sayap kanan Yamina (Persatuan Kanan), dilantik sebagai perdana menteri baru Israel pada Minggu (13/6) malam. Pelantikan Naftali ini mengirim Benjamin Netanyahu ke oposisi setelah rekor 12 tahun berkuasa.

Seperti dilaporkan Xinhua, suksesi terjadi setelah pemerintah koalisi baru disetujui oleh parlemen, atau Knesset, dalam mosi percaya. Koalisi dipimpin oleh Bennett dan Yair Lapid, pemimpin partai berhaluan tengah Yesh Atid (Masa Depan).

Dalam mosi percaya yang diadakan di parlemen sebelumnya, 60 anggota parlemen dari 120 anggota majelis memberikan suara mendukung pemerintah baru, sedangkan 59 memilih menentangnya.

Tayangan TV dari sesi parlemen menunjukkan Bennett dan Lapid mengambil kursi baru mereka di kursi koalisi di parlemen. Sementara itu, Netanyahu, pemimpin terlama Israel, pindah ke kursi belakang untuk oposisi.

Pada saat yang sama, 27 menteri baru dari koalisi pemerintahan baru juga dilantik.

Bennett dan Lapid akan dirotasi sebagai perdana menteri dengan masa jabatan dua tahun, dengan Bennett menjadi yang pertama. Lapid akan menjabat sebagai perdana menteri dan menteri luar negeri Israel.

Parlemen Israel pada Minggu malam juga memilih Mickey Levy, seorang anggota parlemen dengan Yesh Atid, sebagai pembicara barunya.

Koalisi baru mencakup delapan partai, termasuk partai Islam Ra’am, faksi Arab pertama yang dimasukkan dalam koalisi pemerintahan di Israel.

Ribuan orang Israel berkumpul di Rabin Square di Tel Aviv tengah pada Minggu malam untuk merayakan berakhirnya pemerintahan Netanyahu.

Pembentukan pemerintahan koalisi baru telah mengakhiri krisis politik di Israel, yang telah berlangsung empat kali dalam dua tahun.info/red