PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Belanda Libas Ukraina dalam Drama 5 Gol

Belanda

Surabaya – Drama lima gol yang tercipta pada babak kedua dan diakhiri dengan gol dari sundulan bek Denzel Dumfries memastikan Belanda sebagai pemenang pertandingan Grup C Euro 2020 melawan Ukraina. Laga berakhir dengan skor 3-2 di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (14/6/2021) dini hari WIB.

Georginio Wijnaldum memecahkan kebuntuan pada menit ke-52 yang tujuh menit kemudian digandakan oleh Wout Weghorst. Namun, kemudian disamakan oleh dua gol dari Andriy Yarmolenko dan Roman Yarmechyj yang tercipta dalam kurun dua menit pada menit ke-75 dan 79. Dumfries akhirnya mengantarkan Belanda menang lewat golnya pada menit ke-85.

Pertandingan ini berjalan sengit sejak kickoff meskipun tidak tercipta gol pada babak pertama.

Mempis Depay langsung menguji kiper Ukraina Georgiy Bushchan pada menit kedua babak pertama sebelum upaya golnya dihentikan Bushchan. Tiga menit kemudian Wijnaldum mendapati tendangannya diblok Bushchan yang menjadi salah satu penyelamatan gemilangnya.

Sebaliknya pada menit ke-15 Yaremchuk melancarkan percobaan pertamanya menciptakan gol namun dimentahkan kiper Maarten Stekelenburg di tiang dekat. Pada menit ke-30 Yarmolenko mencoba lagi menjebol gawang Belanda, tetapi tak berhasil setelah kembali dimentahkan sang kiper.

Adapun Denzel Dumfries yang meneruskan rancangan Depay juga gagal menaklukkan Ukraina sepuluh menit kemudian setelah Bushchan melakukan penyelamatan gemilang.

Antisipasi
Kedudukan 0-0 bertahan sampai 12 menit pertama babak kedua ketika Wijnaldum memecahkan kebuntuan pada menit ke-52. Ia memanfaatkan antisipasi tidak sempurna kiper Georgiy Bushchan yang maju mencegat umpan silang Denzel Dumfries dari kiri lapangan.

Bushchan malah menepis bola ke arah Wijnaldum yang tak ayal melesakkan bola ke sudut atas kiri gawang Ukraina melewati Bushchan yang sudah terjatuh.

Tidak menunggu lama, pada menit ke-59 Wout Weghorst menggandakan kedudukan bagi Belanda setelah didahului kemelut di dalam kotak penalti Ukraina.

Butuh sekitar seperempat jam bagi Ukraina untuk bangkit mengatasi defisit dua gol. Andriy Yarmolenko yang beberapa menit sebelumnya menguji Stekelenburg dari jarak jauh, pada menit ke-75 tak memberi ampun kepada mantan kiper Fulham dan Everton itu. Tendangan melengkungnya tak bisa dijangkau kiper Belanda ini.

Ukraina makin bersemangat dan empat kemudian pada menit ke-79 sundulan Yaremchuk yang memanfaatkan tendangan bebas menghantarkan Ukraina untuk kedua kali menaklukkan Stekelenburg.

Pertandingan semakin sengit, tetapi akhirnya Belanda yang keluar sebagai pemenang. Pada menit ke-85 Dumfries menyambut umpan silang bola yang dikirim Nathan Ake. Bushchan tak bisa menghalau bola dan masuk ke gawangnya. Ini adalah gol pertama Dumfries untuk timnas Belanda.

Ukraina berusaha membalas kembali gol ini sampai lima menit waktu tambahan tetapi tak berhasil menambah golnya. Belanda pun memetik kemenangan pertamanya di Euro 2020. Sebaliknya Ukraina menelan kekalahan keempat dalam empat laga putaran final Piala Eropa terakhirnya.

Susunan sepuluh pemain pertama kedua tim:
Belanda: Maarten Stekelenburg, Jurrien Timber, Stefan de Vrij, Daley Blind; Denzel Dumfries, Patrick van Aanholt; Marten de Roon, Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong; Wout Weghorst, Memphis Depay.

Ukraina: Georgiy Bushchan; Oleksandr Karavayev, Illia Zabarnyi, Mykola Matviyenko, Vitaliy Mykolenko; Ruslan Malinovsky, Serhiy Sydorchuk, Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Oleksandr Zubkov. Info/red