PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Apple Tantang Tesla, Pekerjakan Mantan Bos BMW Kembangkan Mobil Listrik

tesla
Tesla

 Surabaya – Apple mempekerjakan Ulrich Kranz, mantan eksekutif senior di BMW yang fokus pada mobil listrik. Hal itu dikonfirmasi Apple mengkonfirmasi kepada Phil LeBeau dari CNBC pada Jumat (11/6/2021).

“Pembajakan” bos BMW tersebut merupakan tanda terbaru bahwa Apple serius membangun mobil listrik untuk bersaing dengan produsen mobil seperti Tesla.

Hyundai mengatakan awal tahun ini bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan dengan Apple untuk memproduksi mobilnya sebelum mengonfirmasi bahwa hal itu tidak lagi dalam diskusi.

Apple tidak pernah mengonfirmasi sedang membangun mobil, tetapi telah merekrut bakat dari industri otomotif dan menguji perangkat lunak self-driving di California. Pada tahun 2018, Apple mempekerjakan Doug Field dari Tesla, yang mengerjakan Tesla Model 3. Dengan keahliannya dalam rantai pasokan, teknologi baterai, dan pengalaman pengguna, Apple akan mewakili pesaing utama bagi pembuat mobil yang ada jika merilis mobil. Proyek mobil Apple telah direstrukturisasi beberapa kali, terakhir pada awal 2019.

Apple tidak mengatakan apakah Kranz akan mengerjakan proyek mobil Apple, yang disebut Special Projects Group atau SPG. Tetapi Kranz memiliki pengalaman luas dalam membangun tim yang fokus pada mobil listrik.

Sebelum bergabung dengan Apple, Kranz adalah salah satu pendiri Canoo, yang sedang mengerjakan mobil listrik self-driving. Di BMW, ia memimpin program pengembangan mobil listrik yang menghasilkan kendaraan i3 listrik dan mobil sport hybrid disebut i8, menurut Bloomberg, yang pertama kali melaporkan perekrutan tersebut.info/red