PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

4 Presiden RI Ini Terlahir Bulan Juni

Presiden Indonesia
Presiden Indonesia

Surabaya – Bulan Juni menjadi istimewa karena ada empat Presiden Republik Indonesia yang lahir di bulan Juni. Berikut 4 Presiden RI,

Ir. Soekarno
Bung Karno atau Ir.Soekarno yang terlahir dengan nama Koesno Sosrodiharjo lahir di Surabaya 6 Juni 1901. Presiden pertama Republik Indonesia sekaligus proklamator kemerdekaan Republik Indonesia bersama Bung Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945.

Beliau menjabat sebagai Presiden pada periode 1945-1967. Selain dikenal sebagai Bapak Revolusi, beliau juga merupakan pencetus ide Pancasila yang akhirnya menjadi dasar negara.

Di kancah politik dunia, Bung Karno berperan aktif dalam terbentuknya gerakan Non-Blok yang mana anggotanya adalah negara-negara dunia ketiga yang tidak beraliansi dengan kekuatan besar apapun terutama dalam masa perang dingin.

H. M. Soeharto
H.M Soeharto atau akrab dipanggil Pak Harto adalah Presiden RI ke-2. Lahir di Desa Kemusuk, Bantul, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Merupakan tokoh militer yang populer di masa pertempuran Yogya kembali pada tahun 1949.

Dijuluki sebagai Bapak Pembangunan Nasional semasa menjabat sebagai presiden selama 32 tahun, dan dinilai sukses dalam program swasembada beras dan program keluarga berencana.

B.J Habibie
Habibie bernama lengkap Prof.Dr.Ing Bachrudin Jusuf Habibie, lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936. Seorang teknokrat yang berhasil memuncaki karier di bidang politik.

Mengenyam pendidikan di Jerman dan kemudian kembali ke tanah air mengembangkan teknologi aviasi, berhasil membawa Indonesia ke dalam deretan negara-negara maju di bidang teknologi pesawat terbang.

Melahirkan pemikiran crack propagation
theory atau teori perambatan keretakan, yang merupakan model matematika untuk memprediksi perilaku perambatan retak pada struktur pesawat hingga tingkat atom.

Teori ini penting sebab, sebelum Habibie merintis karieer di dunia dirgantara, banyak kecelakaan pesawat yang terjadi akibat kegagalan struktural.

Presiden Republik Indonesia yang ke-3 ini harum namanya karena membawa rakyat Indonesia ke era keterbukaan dan demokrasi.

Joko Widodo
Lebih akrab dipanggil Jokowi lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961. Lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada.

Namanya mencuat sejak menjadi Wali Kota Surakarta. Dikenal dengan gaya kepemimpinan yang suka turun sampai ke bawah (blusukan) dan berpakaian kemeja putih dengan lengan digulung sampai siku.

Gaya berbicara yang santai suka membagikan sepeda ketika bertemu masyarakat. Menjadi presiden RI ketujuh pada tahun 2014 dan saat ini masih menjabat untuk periode yang kedua. (Berbagai sumber)