PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Situs Pendaftaran PPDB DKI Bermasalah, Ini Penjelasan Gubernur Anies

pendaftran ppdb
pendaftaran ppdb

Surabaya, Pustakalewi.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan penjelasan terkait situs pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) DKI Jakarta yang mengalami masalah pada hari pertama pendaftaran, Senin (7/6/2021) kemarin. Masalah tersebut, membuat para orang tua murid tidak bisa mengajukan akun pendaftaran anaknya melalui jalur prestasi untuk jenjang pendidikan SMA/SMK dan SMP.

Menurut Anies, masalah tersebut disebabkan karena adanya upgrade system untuk pendaftaran PPDB 2021 menjadi sistem yang dinamis dan real time.

Tujuannya supaya masyarakat bisa mendapatkan pelyanan yang lebih baik,” ujar Anies di Kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Dengan sistem yang dinamis dan real time, kata Anies, maka kekeliruan dalam entry data calon peserta didik akan lebih cepat dikoreksi dan dilakukan perubahan. Karena real time, tutur Anies, maka terjadi tekanan yang lebih tinggi pada sistem tersebut ketika digunakan secara bersamaan seperti yang terjadi pada hari pertama pendaftaran PPDB 2021 kemarin.

“Nah, karena real time dan dinamis itu, lalu menimbulkan stress (tekanan) yang lebih tinggi pada sistem ketika digunakan secara bersamaan,” tandas dia.

Saat ini, lanjut Anies, sistem tersebut sudah diperbaiki dan berjalan dengan normal lagi. Dia pun meminta kepada orang tua murid tetap tenang karena Pemprov DKI akan bekerja semaksimal mungkin untuk memastikan semua orang tua murid bisa mendaftar dengan lancar.

“Sistem ini kemudian langsung dikoreksi dan sekarang sudah berjalan dengan baik. Jadi, tujuan upgradenya membuat warga lebih mudah, karena seringkali, misalnya memasukkan umur, ternyata salah, masukkan tanggal salah, sekarang sistem koreksi dibuat lebih cepat,” pungkas Anies.Info/red