PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Lagi, Longsor di Jalur Rel Ganda Bogor Sukabumi dan Satu Orang Luka

longsor jalur rel ganda
longsor dijalur rel ganda

Surabaya, Pustakalewi.com – Dua rumah rumah rusak dan satu warga dilaporkan terluka akibat longsor yang terjadi di area pembangunan jalur rel ganda Bogor-Sukabumi, tepatnya di Kampung Batakalan RT 01/07, Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, pada Kamis 3 Juni 2021.

Peristiwa longsor terjadi sekitar pukul 21.00, bertepatan hujan deras di Kota Bogor pada Kamis (3/6/2021) malam.

Benar. Longsor terjadi akibat hujan deras yang melanda sebagian Kota Bogor sejak pukul 19:00 WIB,” kata Camat Bogor Selatan, Hidayatullah kepada wartawan, Jumat (4/6/2021).

Selain menimpa dua rumah milik warga, menurut Hidayatullah, material longsoran juga menimpa seorang warga bernama Jumani (50). Di mana, pada saat kejadian korban diketahui tengah membetulkan saluran air yang tersumbat akibat sampah.

Saat ini korban sudah dibawa ke RS PMI Bogor untuk penanganan lebih lanjut. Korban mengalami luka lecet-lecet. Sekarang BPBD dan Tagana sedang melakukan evakuasi,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theo Patricio Freitas menyebut, imbas longsor ini dua rumah milik warga mengalami rusak-rusak. Sementara, kedua rumah dihuni oleh 3 KK dengan 15 jiwa.

“Lokasi titik longsoran berada di proyek double track Bogor-Sukabumi. Kejadian ini menyebabkan tanah longsor dengan panjang 10 meter dan tinggi 7 meter. Sehingga material longsoran mengenai 2 unit rumah yang berada dibawahnya,” kata Theo.

Theo menghimbau kepada para penghuni rumah agar mengosongkan sementara kediamannya yang terdampak tanah longsor.

Kondisi saat ini assessment sudah selesai dilakukan oleh TRC-PB BPBD Kota Bogor dilokasi kejadian. Untuk evakuasi material longsoran perlu menggunakan alat berat,” tandasnya.

Sebelumnya, peristiwa tanah longsor terjadi di Kam­pung Raden Saleh, Kelurahan Empang, Bogor Selatan, Kota Bogor pada April 2021 lalu. Longsor terjadi imbas pembangunan proyek double track jalur kereta jurusan Bogor-Sukabumi.

Akibatnya, dua rumah milik warga mengalami rusak berat dan empat rumah lainnya rusak ringan. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Info/red