PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ini Respon Dewan Pendidikan Jatim Soal Kasus Dugaan Kekerasan Seksual di SPI

Daniel Rohi2
Daniel Rohi

Surabaya,pustakalewi.com – Dewan Pendidikan Jawa Timur mengaku sangat terkejut, prihatin, dan sedih mendengar adanya dugaan kasus kekeraan seksual hingga eksploitasi anak di Sekolah Selamat Pagi (SPI) Kota Batu yang dilaporkan ke Polda Jatim oleh Komnas Perlindungan Anak (PA).

Anggota Dewan Pendidikan Jawa Timur, Daniel Rohi mengatakan bila memang benar terjadi membuktikan bahwa lembaga pendidikan tidak steril terhadap tindak kekerasan, termasuk kekerasan seksual.

“Makanya keinginan kami dugaan kasus ini bisa diproses secara hukum dan kita kawal agar transparan serta adil supaya semua yang terlibat dalam kasus ini bisa mendapat hukuman yang setimpal sesuai perbuatannya,” jelas Daniel, Kamis (3/6/2021).

Selain itu ia juga meminta Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur segera mengirim timnya untuk melakukan investigasi secara menyeluruh. Mulai proses pembelajaran di SPI itu bagaimana dan seperti apa? Untuk mencari tahu apa yang jadi akar masalah kasus tersebut.

“Harapan kami proses pembelajaran bisa tetap berjalan seperti biasa dan tidak terganggu dengan kasus yang sedang terjadi. Sehingga siswa tidak dirugikan karena sekolahan mereka mengalami pemberitaan yang sangat luas akhir-akhir ini,” harap dia.

Dengan adanya dugaan kasus, tambah Daniel pihak sekolah wajib meningkatkan pengawasan terhadap semua element agar tidak terjadi hal yang sama di masa-masa mendatang.

“Pengawasan harus ditingkatkan, agar tidak ada hal serupa dimasa mendatang terlebih pada peserta didik,” tegasnya.info/red