PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pakistan Launch Vaksin Covid-19 Dosis Tunggal “PakVac”

PakVac
PakVac

Surabaya – Pakistan telah meluncurkan vaksin Covid-19 bernama PakVac, dosis sekali pakai yang dikembangkan oleh CanSino Biologics Tiongkok. Seperti dilaporkan RT, Selasa (1/6/2021), vaksin ini akan digunakan pada orang dewasa berusia di atas 18 tahun.

Didistribusikan di bawah label PakVac, kata para pejabat, vaksin tersebut akan diproduksi di dalam negeri.

Menanggapi para pengembang vaksin, Asisten Khusus Perdana Menteri (SAPM) bidang Kesehatan Faisal Sultan memuji Tiongkok atas kemitraannya dalam pembuatan vaksin.

“Tiongkok sudah berteman dan maju ketika Covid-19 menghantam Pakistan,” tambahnya.

Berbicara saat upacara peluncuran khusus di Islamabad, Sultan mengatakan Pakistan akan segera dapat mulai memproduksi PakVac sendiri. Dia mencatat bahwa membuat vaksin dari bahan mentah bukanlah prestasi yang berarti. Pejabat itu juga mengatakan vaksin – yang diberikan sebagai satu suntikan – telah lulus semua tes yang relevan dan aman serta efektif melawan Covid-19.

Minggu lalu, Sultan memberi selamat kepada Institut Kesehatan Nasional Pakistan karena berhasil melakukan operasi “isi dan selesaikan” yakni tahap akhir produksi vaksin.

Vaksin produksi CanSino Biologics ini telah disetujui untuk digunakan di Cile, Tiongkok, Hongaria, Meksiko, Moldova, dan Pakistan. Menurut pejabat di Pakistan, analisis data uji coba sementara menunjukkan vaksin itu 65,7% efektif dalam mencegah gejala Covid-19.

Uji coba tahap tiga dilakukan di Pakistan, Arab Saudi, dan Meksiko. Data juga menunjukkan bahwa bidikan tersebut mencapai 90,98% dalam mencegah Covid-19 yang parah.info/red