PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ford Mustang Emas James Bond Dijual, anda minat?

Ford Mustang Emas
Ford Mustang Emas James Bond

Surabaya – Ford Mustang sudah menjadi bintang diberbagai film Hollywood, seperti film Bullitt yang dibintangi oleh Steve McQueen, kemudian film John Wick yang baru-baru ini dibintangi oleh Keanu Reeves yang mana karakternya sangat mencintai Mustang tersebut.

Namun, kehadiran Ford Mustang pun sudah cukup lama, tepatnya pada film james Bond tahun 1964, Goldfinger. Dalam film tersebut, Tilly Masterson (Tania Mallet) berusaha untuk melarikan diri dari James Bond di jalanan Swiss dengan Ford Mustang atap terbuka berwarna putih. Nyatanya, Mustang putih tersebut bukan mobil yang sebenernya akan digunakan.

Awalnya, produser dari film James Bond membuat kesepakatan bersama Ford untuk membuat Ford Mustang Fastback 1965 yang berwarna emas untuk film tersebut. Mobil tersebut dibuat sebagai one-off oleh Ford, Mustang unik tersebut memiliki livery emas metal-flake dan roda unik yang memiliki aksen berwarna emas.

Tidak sampai situ saja, sentuhan emas tersebut juga berlanjut hingga bagian dalam mobil tersebut. interior tersebut memiliki warna two-tone hitam dan emas metalik. Mobil tersebut juga diberikan tenaga lebih, dengan mesin 4.7 liter yang dimodifikasi oleh Shelby tersebut mampu menghasilkan tenaga 305 dk. Sayangnya, Ford tidak sempat untuk menyelesaikan mobil tersebut tepat waktu, akhirnya produser film tersebut menggunakan Ford Mustang atap terbuka warna putih sebagai penggantinya.

Ford Mustang Emas 2
Interior dalam Ford Mustang Emas

Untungnya, Ford tidak meninggalkan proyek Mustang tersebut. Ketika sudah selesai, Mustang Fastback berwarna emas itu dipamerkan di acara promosi film James Bond tersebut sebelum akhirnya dijual ke salah satu karyawan Ford dari Plymouth Michigan. Kemudian mobil tersebut diberikan ke anak dari sang karyawan yang mana ia gunakan untuk balap drag. Setelah itu, mobil tersebut dijual kembali di tahun 1988 dan direstorasikan ke masa jayanya sebelum dibeli oleh sang pemilik saat ini di tahun 2001.

Meskipun mobil tersebut sudah cukup tua, mobil yang hampir jadi salah satu bintang film James Bond ini hanya memiliki jarak tempuh sekitar 35,000 kilometer dan dalam kondisi yang sangat baik. Saat ini, Mustang Goldfinger itu dijual di Hemmings dengan harga $139,500 atau sekitar Rp 1,9 miliar. Mungkin terlihat terlalu mahal hanya untuk sebuah Mustang keluaran 1965, namun melihat sejarah dan kondisi dari mobil tersebut, tentunya harga tersebut sangatlah pas untuk mobil selangka ini.info/red