PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Besok, Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

persiapan upacara hari pancasila
persiapan upacara hari pancasila besok

Surabaya, Pustakalewi.com – Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo mengatakan, Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6/2021).

“Presiden RI akan menjadi inspektur upacara pada pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila besok,” kata Benny, Senin (31/5/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Romo Benny ini, pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 akan dilaksanakan secara virtual dan terpusat di Gedung Pancasila, Jakarta.

Upacara akan dimulai pada pukul 07.45 WIB dan diperkirakan akan berakhir pada pukul 08.35 WIB.

Acara terbagi menjadi empat bagian, yaitu persiapan, pendahuluan, kebesaran, dan penutup.

Untuk acara persiapan, seluruh pasukan upacara bersama komandan upacara memasuki lapangan upacara.

Laporan
Lalu dalam acara pendahuluan, ada laporan perwira upacara, kemudian Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara tiba di tempat upacara dan memberikan salam kebangsaan.

Selanjutnya, dalam acara kebesaran, dilakukan penghormatan kebesaran, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, mengheningkan cipta dipimpin Presiden Jokowi, dan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Untuk pembacaan pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani. Setelah itu, amanat inspektur upacara dalam hal ini Presiden Jokowi. Acara kebesaran ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Terakhir acara penutup diisi dengan kegiatan salam kebangsaan, kemudian inspektur upacara meninggal tempat upacara. Dilanjutkan dengan laporan perwira upacara kepada inspektur upacara. Dan komandan upacara membubarkan pasukan.

Sumber: BeritaSatu.com