PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Indonesia Kembali Kirim Bantuan Tabung Oksigen ke India

indonesia kirim tabung oksigen

Jakarta – Pada 10 Mei 2021 lalu, Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan tabung oksigen sebanyak 1.400 tabung yang merupakan pengiriman tahap pertama dari total 3.400 tabung yang akan diberikan ke India.

Pelepasan Bantuan Oksigen Tahap Kedua untuk Korban Pandemi Covid-19 di India diselenggarakan di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta (28/5) dengan dihadiri Menperin Agus Gumiwang bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menperin Agus menyampaikan pengiriman tabung oksigen tahap kedua sebanyak 2.000 tabung dengan kapasitas 6 meter kubik (setara 40 liter) merupakan partisipasi dari para sektor industri.

Adapun partisipasi industri dalam pengiriman bantuan tahap kedua sebagai berikut: Asosiasi Gas Industri, Indofood, Agung Sedayu Group, Sinar Mas, Yayasan Bakti Barito, First Resources, Inti Sumber Baja Sakti, Asia Pacific Rayon, API, & Indorama

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen Indonesia untuk menjaga persahabatan antara kedua negara. India dan Indonesia merupakan mitra strategis.

Airlangga menyampaikan, Pemerintah RI berterima kasih kepada korporasi yang mendukung program ini dalam Indonesia public-private partnership dengan Kementerian Perindustrian sebagai penggerak.

Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden, bahwa untuk menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi, bergerak dalam satu orkestrasi yang sama dan tujuan yang sama. “Hari ini solidaritas gotong royong ditunjukkan. Semoga menjadi spirit internasional agar kita menjadi bangsa yang mendorong multilateralisme,” ujar Menko Perekonomian.

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin menyampaikan, pertimbangan kemanusiaan melatarbelakangi bantuan untuk India yang tengah menghadapi gelombang kedua pandemi. “Masa seperti adalah momentum antarbangsa membangun solidaritas sekaligus semakin kuat bekerja sama,” ujar Saleh.

Solidaritas dalam penanganan pandemi antara kedua negara bukan hal baru, yang sebelumnnya berlangsung ketika pemerintah India memberikan dukungan ekspor bahan baku obat bagi Indonesia saat status pandemi mulai ditetapkan.

Sementara dalam bidang perdagangan, India tercatat sebagai pasar kedua terbesar dunia setelah China bagi produk minyak kelapa sawit dan turunannya dari Indonesia. Tahun 2020 ekspor Indonesia mencapai 5,64 juta ton minyak sawit senilai USD3,05 miliar.

Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang sudah memfasilitasi pemberian bantuan dalam bentuk apapun ke India di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Saat ini kami menerima donasi sebanyak 2.000 tabung, yang merupakan tahap kedua. Sebelumnya sudah diterima 1.400 tabung,” ungkapnya.

Menurutnya, Indonesia adalah salah satu negara yang berkontribusi dalam melawan pandemi Covid-19 di India. “Kami telah membantu lebih dari 84 negara di awal pandemi, sekarang kami mendapat bantuan. Industri di Indonesia sangat membantu, yang diorganisir oleh Kemenperin,” imbuhnya.info/red