PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Resmi Beroperasi, Flyover Pantoloan Dukung Konektivitas KEK Palu

flyover
fly over pantoloan

Surabaya, Pustakalewi.com– Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) John Wempi Wetipo meresmikan pengoperasian jalan layang (flyover) Pantoloan sepanjang 904 meter di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (27/5/2021). Jalan layang yang menelan biaya Rp 85 miliar ini bertujuan untuk mendukung kelancaran arus lalulintas (lalin) Jalan Trans Sulawesi yang melintas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu di Kelurahan Pantoloan.

“Saya harap, flyover ini ke depannya dijaga sehingga dapat dirasakan manfaatnya bersama,” ucap Wamen Wempi dalam keterangan tulisnya, Jumat (28/5/2021).

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam membantu pembangunan flyover tersebut sehingga memudahkan akses mobilitas masyarakat.

Sementara Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tengah Kempupera Muhamad Syukur mengatakan, pembangunan Flyover Pantoloan memakan waktu selama 6 bulan. Terhitung sejak Juli 2019 sampai rampung Januari 2020 lalu, dengan total anggaran Rp 85 miliar oleh kontraktor PT Pasifik Nusa Indah.

Syukur menambahkan, flyover tersebut merupakan jalan layang pertama di Sulawesi Tengah yang diharapkan akan menambah keyakinan para investor untuk berinvestasi di KEK Palu seiring infrastruktur yang semakin lengkap.

Menurutnya, KEK membutuhkan akses mobilitas yang memadai sehingga memudahkan para pelaku usaha.

Pada bagian lain, Wakil Wali Kota Palu Reny Lamadjido juga berharap, flyover tersebut dapat memperlancar arus distribusi logistik dengan mengurangi beban lalu lintas yang menghubungkan kota Palu dengan wilayah lainnya di Sulawesi Tengah. “Utamanya untuk mempermudah akses ke Pelabuhan Pantoloan dan mendukung pengembangan KEK Palu,” imbuhnya.info/red