PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Khusnul: Penggabungan Dinas Terus Dibahas DPRD Kota Surabaya

khusnul
Khusnul Khotimah

Surabaya – Perampingan organisasi perangkat daerah (OPD) terus dibahas DPRD Kota Surabaya. Dua dinas itu di antaranya Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) dan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) yang akan dilebur jadi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga.

Hal itu sesuai dengan Perda Surabaya No 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Surabaya. Tujuan perampingan itu adalah untuk efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintah daerah.

”Karena dinas itu ada klasifikasi. Disbudpar itu A dan Dispora B. Apa memungkinkan untuk digabung? Ini berbicara beban kerja efektivitas, efisiensi anggaran, kemudian visi dan misi RPJMD Pemerintah Kota Surabaya,” ujar Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya Khusnul Khotimah pada Senin (24/5).

Dinas lain yang akan dilebur adalah Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, lalu Dinas Perdagangan (Disdag) dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan.

Khusnul Khotimah mengatakan, pembahasan terkait pansus akan berlanjut pada rapat selanjutnya yang kemungkinan dilaksanakan Selasa (25/5) atau Kamis (27/5).

”Semua fraksi prinsipnya sudah setuju terkait perubahan perda ini untuk dibahas di DPRD Surabaya. Hanya saja, fraksi-fraksi memberikan catatan terkait beban kerja agar semua berimbang. Ada dinas ini yang kerja berat, juga sebaliknya. Terus jangan sampai ada permasalahan anggaran dinas,” ujar Khusnul Khotimah.info/red