PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Drama Pekan Terakhir Serie A, Milan Naik, Napoli Terjungkal

gattuso
Pelatih Napoli Gattuso Setelah Pertandingan Melawan Verona

Surabaya – Pekan ke-38 atau pekan terkahir liga sepakbola Serie A digelar tadi malam (23/05) waktu setempat. Ada tiga pertandingan yang melibatkan tim peringkat dua, tiga, empat, dan lima yang menjadi sorotan dan berbuah drama sampai detik terakhir.

Sorotan mata penggemar sepakbola tentu tertuju kepada dua tim terakhir yang mampu masuk ke zona untuk lolos ke Liga Champions Eropa musim depan. Tiga tim berebut dengan sengit: AC Milan, Juventus, dan Napoli.

Juventus yang bertandang ke Bologna tidak mengalami kesulitan berarti untuk menekuk tuan rumah dengan skor 1-4. Keempat gol Juventus dicetak Federico Chiesa, Adrien Rabiot, dan dua gol dari Alvaro Morata. Hasil ini menempatkan Juventus memperoleh 78 poin. Hasil ini belum menjamin Juventus lolos karena di waktu yang bersamaan harus menunggu hasil pertandingan Napoli melawan Verona.

Napoli bermain di kandang dengan kepercayaan diri penuh dan mengambil inisiatif permainan untuk menekan Verona. Tim asuhan Gennaro Gattuso akhirnya mengakhiri kebuntuan dengan gol di menit ke-61 melalui Amir Rrahmani yang memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti Verona. Namun tak dinyana Verona membalas pada menit ke-69 lewat Marco Davide Faraoni yang memanfaatkan serangan balik cepat Verona. Sampai akhir pertandingan Napoli gagal mencetak gol dan hanya mengoleksi 77 poin. Satu poin di bawah Juventus dan hasil ini menempatkan mereka di posisi lima. Kegagalan ini membuat Gattuso dipecat sebagai pelatih Napoli.

Di Bergamo, Atalanta yang baru saja menghadapi Juventus di final Coppa Italia dipermalukan AC Milan yang juga sedang berjuang lolos ke zona Liga Champions. Dua gol AC Milan dicetak oleh Franck Kessie lewat titik putih. Penalti pertama diberikan wasit karena Theo Hernandez ditabrak ketika menusuk kotak penalti Atalanta di menit ke-42. Penalti kedua di penghujung pertandingan juga diselesaikan dengan baik oleh Kessie dengan memperdaya penjaga gawang Atalanta untuk kedua kalinya. Hasil ini membuat AC Milan menyalip Atalanta untuk naik ke peringkat kedua dengan raihan 79 poin.

Dengan hasil ini, empat tim yang akan mewakili ke Liga Champions Eropa (UCL) adalah Inter Milan, AC Milan, Atalanta, dan Juventus. Napoli peringkat kelima bersama SS Lazio peringkat keenam liga akan berlaga di Liga Europa (UEL). Sedangkan tim peringkat ketujuh, AS Roma, akan berlaga di Liga Conference UEFA yang akan digulirkan edisi perdana pada musim depan.

(sav)