PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

UK Petra Kembali Gelar Kompetisi Rancang Bangun Bangunan Tahan Gempa

Beberapa panitia sedang memeriksa kelayakan maket
Suasana penjurian

Surabaya,pustakalewi.com – Sebanyak 15 tim peserta dari berbagai universitas serius mengikuti secara daring penjurian penggetaran maket milik mereka. Inilah suasana tahap final kompetisi Earthquake Resistant Design Competition (ERDC) 2021 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UK Petra (Himasitra) dalam suasana masa Covid-19 hari Sabtu (22 Mei 2021).

“Mengangkat tema Overcome the Certain Uncertainty, kami ingin lahir inovasi-inovasi baru baru dari peserta dalam menanggulangi kepastian dari ketidakpastian kerusakan struktur akibat beban lateral gempa bumi.”, ungkap Agnes Clarabella Tanara selaku ketua panitia ERDC 2021.

Peserta ERDC 2021 mencapai 46 tim dengan tiga orang setiap timnya, pandemi COVID-19 membuat Himasitra mengubah konsep lombanya. Ada dua tahapan yaitu tahap eliminasi berupa proposal dan babak final.

Peserta yang lolos babak final, akan mendapatkan bahan dari panitia untuk diminta membuat maket lalu dikirim kembali ke panitia. Panitia mengirimkan bahan berupa kayu balsa, triplek baseboard, dan triplek pelindung.

Peserta diminta membuat maket bangunan langsing dengan dimensi 15 cm x 15 cm berbahan dasar kayu balsa. Dalam babak eliminasi, tiap tim diminta mengumpulkan proposal terlebih dahulu. Proposal ini berisi lembar pernyataan, latar belakang konsep bangunan, tinjauan pustaka yang berisi perhitungan yang digunakan, konsep bangunan, perhitungan analisa struktur bangunan, dan lampiran berupa gambar sketsa bangunan. Terpilihlah 15 tim untuk lanjut dalam babak final

Maket yang rubuh setelah digetarkan
Maket Bangunan Goyang

Sabtu, 22 Mei 2021 digelarlah babak final. Selain presentasi secara daring dilanjutkan penggetaran karya peserta oleh panitia pukul 13.00-17.00 WIB di gedung T ruang AVT 502 kampus UK Petra. Penggetaran menggunakan shaking table dengan level 1 hingga level 4 secara bertahap untuk melihat ketahanan maketnya. “Penilaian untuk menentukan juara ERDC 2021 didasarkan pada proposal dan presentasi peserta, serta penggetaran maket yang dilakukan secara live.”, tambah Agnes.

ERDC 2021 yang merupakan kompetisi nasional tahunan tersebut bagian dari acara bertajuk Petra Civil Expo (PCE) 2021. “Sebenarnya kompetisi skala nasional ini menghadirkan tiga kategori lomba dan internasional webinar. Kategori lomba ini antara lain Bridge Competition,Earthquake Resistant Design Competition, dan Lomba Kuat Tekan Beton.”, kata Sharon selaku ketua PCE 2021.

Awarding night sebagai puncak acara PCE 2021 digelar pada hari Sabtu, 22 Mei 2021 pukul 18.00-21.00 WIB secara daring. Pemenang dari masing-masing kategori diumumkan yang dimeriahkan dengan penampilan dari Sara Fajira, seorang penyanyi yang juga seorang selebriti Youtube.info/red