PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Sandiaga Uno Apresiasi Green Toilet Masjid Al Akbar Surabaya

Sandiaga Masjid Al Akbar
Sandiaga Uno Saat di Masjid Al–Akbar

Surabaya – Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Masjid Masjid Nasional Al-Akbar yang menjadi ikon wisata religi Kota Surabaya, Jumat (21/5). Sandiaga Uno pun melihat fasilitas Green Toilet di sana.

“Tadi saya meninjau langsung, ternyata memang bersih, dijaga dengan sangat baik. Keren! Apresiasi kepada pengelola masjid yang begitu mengedepankan
aspek kesehatan dan keberlanjutan lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya inovasi Green Toilet yang bersih dan instagramable diharapkan menjadi percontohan untuk masjid lainnya. Sandiaga Uno lantas memberikan nilai 9.5 untuk Green Toilet Masjid Al Akbar Surabaya.

Menparekraf juga turut bergabung bersama jamaah melaksanakan sholat Jumat. Ia pun memuji khotib dan imam yang mendoakan Palestina.

Pada kesempatan itu, Menparekraf juga bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi. Menparekraf pun membacakan pantun yang pada intinya mengajak dunia pariwisata Jatim bisa kembali bangkit.

“Mengawali kunjungan perdana kami ke Jatim untuk mempercepat beberapa realisasi kawasan pariwisata yang menjadi prioritas nasional. Tadi setelah bersinergi ada arahan dari Ibu Gubernur yang akan dilanjuti segera. Pertama adalah KEK Singosari yang Insyaallah akan menjadi KEK Pariwisata dan Teknologi. Ekonomi kratif tak hanya di Jatim tapi juga Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan membuka lapangan kerja baru berkualitas,” jelas Menparkeraf.

Sandiaga Uno menjelaskan dana hibah pariwisata perlu koordinasi dengan pemerintah daerah, karena pandemi dunia pariwisata paling terdampak. Dana hibah akan menggairahkan kembali dan memeperkuat struktur ekonomi pariwisata di Jatim.info/red